Minggu, April 28, 2024
BogorJawa Barat

Gunakan Dana Samisade, Pemdes Bojongnangka Bangun Drainase

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Pemerintah Desa dan masyarakat Kabupaten Bogor termasuk beruntung mendapatkan program bantuan keuangan infrastruktur dari Pemkab Bogor yang populer disebut Samisade (Satu Milyar Satu Desa).

Dapat kucuran dana Samisade tahap satu tahun 2023 ini, Pemerintah Desa Bojongnangka Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor Jawa Barat, membangun drainase jalan yang berada di lingkungan RT 19/09 Dusun III Bojongnangka Kec Gunung Putri Kab Bogor Jawa Barat, Rabu (16/8/23).

Kepala Desa Bojongnangka H. Amir Arsyad S.PdI menyatakan bahwa tujuan pembangunan drainase ini selain sebagai penguat badan jalan juga memperlancar dan mengefektifkan serta mengurangi dampak genangan air terutama saat musim penghujan tiba.

Pembangunan drainase atau selokan ini dengan ukuran Panjang 400 meter x Lebar 0,40 meter x Tinggi 0,60 meter, dikerjakan secara swakelola dengan melibatkan TPK dan masyarakat Desa Bojongnangka.

“Dan sumber anggaran untuk pembangunan drainase tersebut berasal dari bantuan keuangan infrastruktur Samisade tahap satu tahun 2023 dengan alokasi anggaran kurang lebih Rp.200.000.000,” ungkap Kades H. Amir.

Semua untuk mengawal pembangunan Drainase  ini, melihat bagaimana tata pelaksanaannya, pengerjaannya, spesifikasi dan yang lainnya dan diharapkan warga juga turut partisipasi dalam swadayanya, misalnya mereka ikut membantu pada saat ada pelaksanaan pembangunan, karena diharapkan dengan Samisade ini juga timbul ke gotong royongan para warga di wilayah.

Harapan dengan terbangunnya kegiatan program Samisade tersebut bisa memperlancar Kegiatan  warga saat berkendara, nyaman, aman dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Lanjut Amir, pembangunan Drainase berjalan dengan lancar walaupun cuaca kemarau tidak jadi hambatan, diharapkan dapat meningkatkan dan mengoptimalkan mobilisasi warga, ucapnya. (Teddy)

Loading