Kamis, April 25, 2024
Pemerintahan

Bupati Serahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran DIPA dan Penandatanganan Pakta Integritas Lingkup KPPN Garut

Garut, Lensa Expose.com

Bupati Garut Rudy Gunawan,SH,MH,MP menghadiri penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2021 dan penandatanganan pakta integritas lingkup KPPN Garut,Senin (14/12/2020) yang dilaksanakan di Kantor KPPN Garut Jalan Ahmad Yani No 24 Kel.Pakuwon Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut Jawa-Barat .

Dalam kegiatan tersebut Bupati Garut melaksanakan penandatanganan pakta integritas dan menyerahkan kepada satuan kerja secara simbolis kepada,Korem 062 Tarumanagara , Pengadilan Negeri , Pengadilan Agama , Polres Garut , Pajak Garut.

Bupati Garut,H.Rudy Gunawan dalam sambutannya mengatakan,pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara(KPPN) Garut karena telah melaksanakan kinerjanya secara professional.

“Saya berterima kasih kepada Kepala KPPN karena kami mendapatkan laporan semuanya profesional , pengajuan sesuai ketentuan clear hitungan menit cair jadi tidak sulit .

Yang sebenarnya sulit itu persyaratannya yang tidak terpenuhi,” katanya.

Lanjut Rudy , Ia juga menyatakan selamat melaksanakan kegiatan di tahun 2021 mendatang serta mendukung program yang digulirkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Selamat untuk melaksanakan kegiatan di tahun 2021 dan kita dukung program Bapak Presiden dan anggaran dipercepat, “paparnya.

Sementara itu,Kepala Korwil (Kantor Wilayah) Direktorat Jendral Perbendaharaan(DJPb),Rizki Tavianto menuturkan,pemerintah telah memberikan dana DIPA dan TKDD (Transfer Ke Daerah dan Dana Desa) kurang lebih 1,626 triliun rupiah.

“Kita dikasih uang Pemerintah, dikasih uang tentunya untuk Kabupaten Garut untuk tahun 2021 ini untuk dana DIPA dan TKDD itu lebih kurang 1,626 triliun, ” tuturnya.

Rizki Tavianto menambahkan,Dana yang diberikan tahun 2021 menurun dibandingkan tahun sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19.

“Jadi kalau dibandingkan dengan tahun 2020 kemarin yang 1,849 itu ada penurunan dan mungkin harus disadari juga oleh Bapak/Ibu sekalian memang pendapatan kita jelas dengan adanya pandemi, “imbuhnya.

Di tempat yang sama Kepala KPPN Kabupaten Garut,Yanti Suprianti mengatakan,total belanja Negara  untuk wilayah Kabupaten Garut mencapai 976 miliar.

“Total belanja negara untuk wilayah pembayaran KPPN Kabupaten Garut dalam APBN tahun 2021 mencapai 976 miliar dialokasikan kepada 32 satuan kerja, ” ungkapnya.

Selain penyerahan DIPA 2021 , Pemerintah juga memberikan penghargaan atas capaian laporan keuangan pemerintah daerah atau LKPD. Berdasarkan hasil pemeriksaan LKPD atas 28 Pemda di wilayah Jawa Barat,seluruh Pemda di  Jawa Barat telah meraih capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Ditambahkannya,tahun ini Kabupaten Garut telah menerima 2 penghargaan sekaligus yaitu piagam penghargaan Opini WTP dan Plakat Capaian Opini WTP.

“Tahun ini Pemda Kabupaten Garut telah meraih 2 penghargaan sekaligus yaitu berupa penghargaan atas Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk tahun 2019 dan yang kedua penghargaan berupa Plakat atas capaian Opini WTP lima kali berturut-turut,”pungkasnya.

Penulis : Suwito/Dede Orenz

Loading