Kamis, Mei 2, 2024
DaerahPemerintahan

Bawaslu Garut Gelar Fasilitasi Penyelenggaraan Tahapan Pemilu Serentak 2024 Bersama Awak Media

GARUT | Lensaexpose.Com — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Garut menggelar kegiatan Fasilitasi Penyelenggaraan Tahapan Dalam Rangka Pengawasan Berita Bohong/Hoaks pada Pemilu Serentak Tahun 2024, Selasa (13/12/2022).

Pada kegiatan tersebut menghadirkan nara sumber dari Dosen UIN Bandung yakni Dadan Firdaus.

Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Garut, Hj.Ifah Hafsiah Yakin mengatakan, bahwa tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk peningkatan pengawasan partisipatif sebagai strategi pencegahan atau mengantisipasi adanya Berita Bohong (Hoaks), Ujaran Kebencian (Hate Speech) dan Kampanye Hitam (Black Campaign).

” Pada hari ini dilaksanakan kegiatan dan dihadirkan rekan-rekan di berbagai media untuk mengikuti agenda hari ini, nanti ada satu atau masukan untuk mengantisipasi hal-hal Berita Bohong baik untuk melalui media cetak atau media online, ” katanya.

Namun demikian, Ifah menuturkan, Regulasi-regulasi bagaimana supaya meminimalisir pelanggaran-pelanggaran ketika di semua tahapan pemilu terutama nanti di tahapan kampanye, ini sangat penting melibatkan seluruh Stakeholder masyarakat salah satunya Awak Media.

” Kita mengajak awak media untuk terlibat dalam pengawasan dan pencegahan di Pemilu 2024 nanti, mengingat Bawaslu tidak bisa sendiri ketika mengawasi gini apalagi kerja di Bawaslu itu secara jumlah top kualitas kita terbatas untuk mengawasi semua tahapan, oleh karena itu perlu suport dan dukungan dari partisipasi masyarakat dan media massa, ” papar Ketua Bawaslu Garut.
** ( Suwito )

Loading