Jumat, April 19, 2024
Parlemen

Kapolres Beltim Hadiri Deklarasi Damai Para Calon Bupati dan Wakil Bupati

Belitung Timur, Lensa Expose.com

Kapolres Belitung Timur Akbp Jojo Sutarjo, Sik, MH menghadiri kegiatan deklarasa damai calon bupati dan wakil bupati dalam pilkada yang berada di empat kabupaten di Provinsi Kep. Bangka Belitung, sebanyak 11 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati peserta Pilkada 2020 di empat kabupaten di Provinsi Bangka Belitung (Babel) mendeklarasikan kampanye damai, berintegritas, dan patuh terhadap Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 yang berlangsung di kantor Gubernur, Jumat (25/09/2020).

Para calon kepala daerah tersebut membacakan deklarasi Pilkada damai 2020 yang dipimpin langsung oleh Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, disaksikan langsung ketua Bawaslu RI Abhan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Babel , Gubernur Babel Erzaldi Rosman serta menggelar Forkopimda Kepulauan Bangka Belitung.

Kapolres Belitung Timur Akbp Jojo Sutarjo, Sik, MH mengatakan dari Kabupaten Belitung Timur ke dua Paslon yang mengikuti Pilkada di Kabupaten Belitung Timur ini hadir dalam deklarasi damai yang sebelumnya dijadwalkan dimasing-masing kabupaten, akan tetapi karena covid 19 langsung diambil KPU Provinsi untuk pelaksanaannya.

Ketua Bawaslu RI Abhan kepada Awak Media mengatakan kegiatan ini adalah awal yang baik bagi pasangan calon untuk komitmen terhadap apa yang menjadi aturan main dalam Pilkada, dengan deklarasi pilkada ini pasangan calon dan tim kampanye harus patuh dan taat kepada aturan yang ada, seperti menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 pada saat kampanye nanti.

Akan ada sanksi terhadap pihak penyelenggara ataupun paslon yang mengabaikan Prokes Covid-19.
Sanksi administratif sudah ada, peringatan dan sampai pembubaran bisa dilakukan oleh Bawaslu terhadap peserta dan tim kampanye, dan ada juga sanksi pidana di undang-undang  tentang wabah penyakit dan undang-undang karantina lainnya,” kata Ketua Bawaslu RI Abhan, Jum’at, (26/09/2020).

Penulis : Tomy

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *