Minggu, Mei 26, 2024
DepokJawa BaratKajian Islami

Majelis Taklim Wartawan Depok Peringati Isra’ Mi’raj Untuk Menghidupkan Semangat Kebaikan

Depok, Lensa Expose.com

Peringatan Isra Miraj yang diselenggarakan oleh Majelis Taklim (MT) Balai Wartawan (Balwan) Kota Depok Selasa (27/2/2024) menjadi momentum yang mengajak masyarakat memenuhi ruangan Balai Rakyat untuk mendengarkan Tausiah dengan penuh kekhusyukan dari Kiai Terkenal, KH. Jaka Tingkir, sebagai penceramah yang berhasil menghidupkan semangat kebaikan dari para jamaah yang hadir.

Jaka Tingkir dalam ceramahnya menyoroti perintah shalat yang dibawa Nabi Muhammad SAW saat Isra’ Mi’raj, pada bulan Rajab kita senantiasa mengingat kembali peristiwa yang sangat besar, di mana dalam peristiwa Isra Miraj itulah Rasulullah SAW menerima perintah sholat lima waktu yang asal mulanya lima puluh waktu dalam sehari semalam.

Dari kisah Isra’ Mi’raj itu, terdapat pelajaran yang bisa kita petik. Salah satunya yaitu Allah menunjukkan tanda-tanda kebesaran-Nya kepada Nabi untuk mengobati rasa sedihnya. Di antaranya yaitu Nabi dapat mengunjungi tempat-tempat bersejarah, bertemu Nabi-nabi sebelumnya, dapat melihat wujud asli malaikat Jibril, melihat surga neraka, hingga bertemu langsung dengan Allah di tempat tertinggi bernama Sidratul Muntaha.

Ketua Umum MUI Kota Depok, KH. Dr. Dimiyathi Badruzzaman, turut menyampaikan pentingnya memahami hikmah dalam shalat dan terus menggali ilmu dari Al-Quran. Di sisi lain, Staf Ahli Wali Kota Depok Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan H. Wijayanto, mengapresiasi peran wartawan dalam pembangunan Kota Depok, sambil berharap agar acara tersebut membawa hikmah menyambut bulan suci Ramadhan.

Ketua MT Balai Wartawan Kota Depok Adie Rakasiwi menegaskan peringatan Isra’ Mi’raj  menjadi salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Momen ini memperingati perjalanan singkat Nabi Muhammad SAW ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh. Selain syiar agama pentingnya acara ini untuk memperkenalkan Majelis Taklim Wartawan kepada masyarakat Depok, yang menunjukkan peran wartawan tidak hanya dalam pemberitaan tetapi juga dalam kegiatan keagamaan, tuturnya.

Selain Tausiah agama kata Adie Rakasiwi, acara ini diramaikan dengan berbagai kegiatan seperti penampilan Tim Marawis Darut Taqwa Kp.Lio Depok, pembacaan ayat suci Al-Quran, serta penampilan lagu religi oleh istri istri wartawan. Tidak hanya itu, hadir juga tokoh agama dan masyarakat Kota Depok yang turut memeriahkan acara tersebut.

“Dengan dukungan solid dari masyarakat, acara peringatan Isra’ Mi’raj dan santunan anak yatim, janda, dan dhuafa yang diselenggarakan oleh MT. Balai Wartawan Kota Depok sukses terselenggara, meninggalkan kesan yang mendalam bagi semua yang hadir,”imbuhnya.

Ketua panitia penyelenggara, Joko Warihnyo, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Depok, jajaran Forkopimda, dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam suksesnya acara ini. “Kami atas nama panitia menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu menyukseskan acara ini. Kami memohon maaf jika ada kurang kesempurnaan dalam acara ini,” ungkap Joko Warihnyo dengan tulus. (Rudi S)

Loading