Sabtu, Juni 15, 2024
BogorJawa BaratPemerintahanPeristiwa

Cuaca Ektrim, Warga Ciseeng Bogor Dihimbau Tetap Waspada

CISEENG,Lensaexpose.com – Memasuki di penghujung musim hujan dan cuaca ekstrim yang melanda kawasan Kabupaten Bogor dan sekitarnya, warga masyarakat dihimbau untuk selalu tetap waspada dan selalu berhati-hati. Terutama pemukiman yang berada di daerah rawan longsor dan banjir.

Menanggapi hal tersebut, Camat Ciseeng Yodi Ermaya menghimbau agar seluruh aparatur pemerintahan Desa dan masyarakat sekitar untuk mengantisipasi dan tetap bersiaga dalam menghadapi cuaca ekstrim yang saat ini tengah melanda kawasan Kabupaten Bogor dan sekitarnya.

Dalam himbauannya, Camat Ciseeng Yodi Ermaya menyampaikan untuk tetap selalu waspada dan berhati-hati dalam menghadapi cuaca ekstrim yang sering turun hujan deras disertai angin kencang.

“Terutama untuk di wilayah-wilayah yang memang rawan longsor tuh harus waspada. Seperi di wilayah Desa, Karihkil, Putatnutug dan Cibeuteung muara, karena itu berada di pinggir Kali Cisadane,” kata Camat Ciseeng Yodi Ermaya kepada Wartawan, Kamis (16/11/23).

Menurut Yodi, untuk menanggulangi akan hal terjadinya bencana alam, warga masyarakat harus cepat tanggap dan cepat bertindak. Terutama RT/ RW dan Kades itu harus cepat respon dan segera melaporkan ke BPBD setempat maupun ke pihak terkait.

“Jadi sekarang mah RT/RW dan Kades itu harus seperti Tentara-TNI, dia tuh harus cepat tanggap dan bertindak, paling tidak harus cepat lapor. Sebetulnya kalau itu bisa dilaksanakan Insya Allah apapun yang terjadi akan cepat tertanggulangi,” ujar Yodi yang belum lama menjabat sebagai Camat Ciseeng itu.

Yodi menuturkan, adapun permasalahan kondisi seperti itu dan dibiarkan serta lambat dalam pelaporan akan menjadi efek domino dan memperlambat dalam penanganan maupun bantuan.

“Mangkanya saya sering kali meminta pada aparatur dibawah supaya cepat tanggap, cepat tindak dan cepat lapor. Dan sebetulnya itukan slogannya TNI, tinggal realisasi dan pelaksanaannya seperti apa?,” pintanya.

Ia juga menyampaikan bahwa beberapa hari sebelumnya telah terjadi bencana alam puting beliung yang melanda wilayah Kecamatan Ciseeng.

“Beberapa hari sebelumnya juga ada beberapa rumah di dua desa yang terkena angin puting beliung. Desa Cibeueteung Udik dan Ciseeng, tapi Alhamdulillah sudah kita tangani dan bantuan juga dari pihak terkait sudah tersalurkan. Kalau soal bencana alam itukan sebetulnya kita yang harus bisa menjaga kelestarian alam dan lingkungan,” pungkasnya. (Rdy)

Loading