Sabtu, Mei 4, 2024
BogorJawa BaratPemerintahan

Pemdes Sirnajaya Betonisasi Pelebaran Jalan Desa Arah Wisata Rawa Gede Gunakan Dana Samisade Tahun Anggaran 2023

BOGOR,Lensaexpose.com – Pemerintah Desa Sirnajaya Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, merealisasikan.program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) dari bantuan keuangan infrastruktur Kabupaten Bogor tahun 2023, Tahap 1,dan II membangun betonisasi Pelebaran jalan Desa  untuk masyarakat Desa Sirnajaya Selasa (14/11/2023 ).

Pembangunan Betonisasi Pelebaran jalan Desa di kampung Pasir Legok Nyenang – Kampung Leweung Datar  Rw 004-Rw 005 Volume Panjang 1.600 Meter x Lebar  4 Meter x Tinggi 0,10 Meter  dikerjakan dengan TPK dan masyarakat Sirnajaya.

Sekretaris Desa (Sekdes) Mulyani, mengatakan pada hari ini Pemdes, Sirnajaya merealisasikan Pembangunan Betonisasi Pelebaran Jalan Desa dari bantuan Samisade tahap 1 dan II sudah selesai dikerjakan.

“Alhamdulillah kita kembali mendapatkan bantuan dari program Samisade tahap 1 dan II ini, dan kita realisasikan dengan membangun jalan desa.Dengan adanya program Samisade ini sangat membantu masyarakat,” ucap Sekdes, kepada media ini.

“Masyarakat dapat merasakan dari peningkatan jalan ini,baik itu sarana maupun prasarana,dan transportasi, sehingga dapat melancarkan perekonomian masyarakat, dan juga bisa dirasakan Pemanfaatan yang lain,” sambungnya.

Dengan adanya program samisade ini Mulyani, Sekdes Sirnajaya, berharap, tentunya sangat mendukung masyarakat di tingkat Desa, Mudah-mudahan kedepannya  bisa menyisihkan lagi untuk anggaran  Samisade.

“Program lah yang akan menjawab pada kebutuhan masyarakat yang bisa dimanfaatkan secara umum bagi masyarakat, khususnya di wilayah Desa Sirnajaya, sehingga bisa terbantu dengan anggaran-anggaran tersebut, ” ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintahan kabupaten Bogor yang telah menurunkan anggaran Samisade di tahun 2023.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Bogor, yang telah menurunkan anggaran ini. Semoga program Samisade ini terus berlanjut,” ungkap Sekdes.

Program Samisade ini adalah tugas kita semua untuk mengawal pembangunan infrastruktur jalan ini, melihat bagaimana tata pelaksanaannya, pengerjaannya, spesifikasi dan yang lainnya dan diharapkan warga juga turut partisipasi dalam swadaya nya, misalnya mereka ikut membantu pada saat ada pelaksanaan pembangunan, karena diharapkan dengan Samisade ini juga timbul ke gotong royongan para warga di wilayah.

Harapan dengan terbangunnya kegiatan program Samisade tersebut bisa memperlancar transportasi warga saat berkendara, nyaman, aman dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kepala Desa Sirnajaya, Idim Dimyati, mengatakan pembangunan  Betonisasi Pelebaran Jalan Desa  berjalan dengan lancar walaupun cuaca kemarau tidak jadi hambatan, diharapkan dapat meningkatkan dan mengoptimalkan mobilisasi warga, ucapnya.

Lanjut Kades,  pembangunan Jalan  tersebut sudah sangat lama dinanti nantikan oleh warganya, dan baru saat ini bisa direalisasikan berkat program Samisade Bupati Bogor.

“Saya mengucapkan terima kasih atas program bantuan yang diberikan Pemkab Bogor. Program bantuan dana infrastruktur Samisade yang digulirkan Bupati Bogor ini kami manfaatkan untuk membangun  Jalan ” terangnya.

“Semua proses pekerjaan pembangunan ini didanai dari program anggaran dana Samisade dan dikerjakan secara swakelola masyarakat Desa Sirnajaya,”imbuhnya.

Lanjut Kades, Idim, pihaknya menghimbau warga masyarakat sekitar  khususnya RW. 004 dan ,Rw 005 jangan membuang sampah di saluran Air, sehingga tidak menjadi penyebab musibah banjir di area tersebut.

Begitu juga warga masyarakat pengguna jalan, khususnya di lingkungan RW. 004 , dan Rw 005 di harapkan dapat menjaga sarana infrastruktur jalan desa itu, supaya tetap utuh dan tahan lama, pungkasnya. (Teddy )

Loading