Jumat, Mei 10, 2024
BogorJawa Barat

Terima Dana Samisade, Pemdes Ciangsana Betonisasi Jaling dan Bangun Drainase Tahun 2023

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Setelah menerima kucuran bantuan keuangan infrastrukur populer disebut program Samisade (Satu Milyar Satu Desa) tahun 2023 dari Pemkab Bogor Jawa Barat, Pemerintah Desa (Pemdes) Ciangsana, Kec Gunung Putri, Jawa Barat melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan lingkungan (jaling) dengan cara betonisasi di tiga titik dan juga bangun drainase, Rabu (16/08/2023).

Ketua TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) pembangunan program Samisade Desa Ciangsana, Inam Nurjaya mengatakan, dalam launching Samisade tahun 2023 yang dilaksanakan di Desa Ciangsana tahap satu (60 %) akan diperuntukan untuk pembangunan infrastruktur jalan (betonisasi) dan pembangunan drainase sejumlah tiga titik.

“Pembangunan infrastruktur jalan dan drainase berada di tiga titik diantaranya, Kampung Cikeas Parung RT 001/009 Dusun 05 Tahap satu (60%) Panjang 222 m² betonisasi jalan lingkungan. Kampung Pabuaran Wetan RT 002/039 Dusun 07 tahap satu (60%) Panjang 274 m² betonisasi jalan lingkungan, dan Kampung Pabuaran Wetan RT 001/005 Dusun 04 Panjang 165 m berupa drainase,” ungkap Inam.

Sementara itu Kepala Desa Ciangsana H.Udin Saputra,SH,MM mengatakan bahwa pada hari ini Pemerintah Desa Ciangsana melaksanakan pembangunan infrastruktur program Samisade tahap pertama sebanyak 60 persen di tiga Dusun, betonisasi dan drainase.

“Alhamdulillah setelah saya pulang dari ibadah Haji anggaran Samisade cair, dan dilaksanakan pengerjaan tahap pertama pada hari ini di tiga Dusun, diantaranya Dusun 05 dan Dusun 07 betonisasi jalan lingkungan, serta Dusun 04 pengerjaan drainase,” ujarnya.

Selanjutnya H.Udin Saputra juga menyampaikan bahwa dengan adanya Samisade ini bisa membangun infrastruktur jalan yang tidak tercover oleh sumber lain, karena masih banyak jalan-jalan di Desa yang panjang dan lebar mengalami kerusakan.

“Kalau Samisade dengan anggaran satu milyar itu bisa tercover, tapi dengan Dana Desa, dan dengan banyaknya jalan yang besar tidak akan tercover,” jelasnya.

H. Udin Saputra berharap nantinya siapa pun yang bakal menjadi Bupati Bogor, program Samisade supaya tidak dihilangkan, harus terus dilanjutkan, agar bisa memaksimalkan pembangunan infrastruktur di Desa, untuk kepentingan masyarakat.

“Saya juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bogor program Samisade ini terus dilanjutkan, siapa pun nanti yang akan jadi Bupati Bogor, termasuk yang akan menjadi Pejabat Sementara nanti, program ini sangat baik dan harus terus dilanjutkan.

“Mudah-mudahan programnya bukan hanya terpacu pada infrastruktur, tapi bisa digunakan untuk membangun kantor Desa dan yang lain,” pungkas H.Udin Saputra yang juga Ketua Apdesi Gunung Putri. (Teddy)

Loading