Antisipasi Penyebaran Covid-19 Yang Masih Masif di Kab. Beltim, Mako Polres Beltim Kembali Disemprot Disinfektan

Belitung Timur, Lensa Expose.com

Polres Belitung Timur_ Hubungan masyarakat-  Virus Corona dapat menyebar terutama dari orang ke orang melalui percikan droplet dari hidung dan mulut yang keluar saat orang terinfeksi Covid-19. Seperti batuk, bersin atau berbicara. Percikan yang mengandung Virus Covid-19 itu juga dapat menempel pada permukaan benda mati.

Salah satu cara pencegahan penyebaran Virus Corona, baik di rumah maupun di lingkungan sekitar rumah adalah dengan menerapkan kebersihan, termasuk melakukan penyemprotan disinfektan. Virus Covid-19, diketahui sangat mudah dilumpuhkan dengan cairan disinfektan, penyemprotan cairan tersebut dilakukan pada benda-benda yang biasa tersentuh oleh manusia, seperti gagang pintu, permukaan meja, bahan tembaga dan lain-lain.

Bagi petugas yang sedang menyemprotkan disinfektan diwajibkan untuk selalu menggunakan sarung tangan agar tidak terjadi iritasi kulit atau bau, menggunakan masker untuk menghindari masalah gangguan pernapasan, dan setelah selesai cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Pemerintah juga mencatat bahwa disinfeksi sebaiknya hanya dilakukan pada permukaan benda saja, tidak pada mahluk hidup.

Kabupaten Belitung Timur dalam beberapa Minggu ini terjadi kenaikan atau lonjakan masyarakat yang terpapar Covid-19. Bahkan sudah merambah hampir di seluruh Desa. Meskipun untuk saat ini, semua yang telah terdata terpapar Covid-19 dilakukan pengawasan ketat untuk menjalani isolasi baik di Rumah Sakit atau isolasi mandiri.

Namun dalam hal ini, Polres Belitung Timur tidak menganggap remeh, mengingat Polres Belitung Timur salah satu Instansi yang dalam kesehariannya memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kedatangan masyarakat ke Mako Polres Belitung Timur setiap harinya silih berganti. Dimasa pandemi saat ini, selaku Institusi yang memang mempunyai tugas pokok dan kewajiban untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat harus tetap berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi, cegah dan memutuskan rantai penyebaran Covid-19 yang bisa hidup dan menempel pada benda-benda mati, Polres Belitung Timur bekerja sama dengan BPBD Kab. Belitung Timur kembali melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh Mako Polres Belitung Timur, Jumat (19/02/2021).

Dua orang petugas BPBD mulai pukul 09.00 Wib sampai pukul 11.00 Wib melakukan penyemprotan disinfektan dengan dua metode, pertama untuk diluar gedung menggunakan disinfektan cair dengan alat penyemprot, metode kedua menggunakan uap khusus untuk di dalam ruangan kerja.

Petugas BPBD mulai melakukan penyemprotan disinfektan dari depan gedung utama Mako Polres Belitung Timur, gedung pelayanan terpadu, gedung provos, gedung pelayanan Satuan Lalu Lintas, Masjid Polres Belitung Timur, gedung logistik sampai ke tempat parkir kendaraan.

Untuk yang di dalam ruang kerja, mulai dari ruang kerja Kapolres, ruang kerja Wakapolres, ruang kerja Kabag, ruang kerja staf sampai keruang kerja di masing-masing satuan fungsi dilakukan dengan menggunakan uap. Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H mengatakan bahwa meskipun di masa pandemi covid-19, Polres Belitung Timur tidak mungkin untuk menutup akses dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Masa pandemi Covid-19, tidak membuat kami untuk tidak memberikan pelayanan kepada masyarakat, kita tidak mungkin untuk menghalangi kepentingan dan keperluan masyarakat yang membutuhkan pelayanan dan bantuan Polri khususnya Polres Belitung Timur beserta jajaran.

“Untuk itu kita tetap berupaya agar Mako Polres Belitung Timur tetap aman dari Covid-19. Hari ini kita bekerja sama dengan BPBD kembali melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh Mako, baik luar maupun dalam untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19 yang mungkin saja ada menempel di benda-benda mati tersebut,” ungkap Kapolres. (Tomy)

 

Editor : Rdy

 101 total views,  1 views today