Yuri -Anca Kunjungi Makam Sejarah Raja Balok

Belitung Timur, Lensa Expose.com

Siang tadi rombongan tim Beltim Kaya Yuri – Anca mengunjungi makam bersejarah raja balok K.A Gedeh Ja,kub yang tidak jauh dari makam Syekh Abdul Jabar Sjamsudin yang terletak di desa Balok kecamatan Dendang kabupaten Belitung Timur dikawasan hutan Konservasi dengan kindahan pepohonan sekitar seusai solat Ju’mat. Hadir dimakam juru kunci pak Sakri yang mengetahui silsilah sebagai penunjuk dan pembaca do,a.(13/11/2020).

Belitung adalah penghasil timah terbesar yang berada di alur pelayaran yang strategi sehingga tidak luput dari kerajaan besar singgah berlabuh ke Belitung saat itu. Keberadaan kerajaan Balok terlihat adanya bekas puing reruntuhan bangunan di sekitar makam yang dipercaya peninggalan dari kerajaan Balok. Makam – makam ini merupakan bukti sejarah yang harus dilestarikan dan perlu penelusuran lanjut.

Lokasi pemakaman masih terus dirawat kebersihannya termasuk akses jalan menuju lokasi sekitar 1 kilometer dan ini menjadi salah satu objek wisata menarik.

Yuri Kemal Fadlullah.SH.,MH., bersama Natalie (istri), dan Nurdiansyah (Anca) didampingi istri (Nengsih), Yuri dengan tutur bahasanya mengatakan, kunjungan kami ke makam raja Balok ini tidak lain hanya untuk silaturrahmi, mengenal sejarah raja Balok dan mengirim do,a, dengan melantunkan ayat -ayat suci Alqur,an oleh juru kunci makam pak Sakri, terang Yuri.

Penulis : Tomy

 94 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *