Sabtu, Juli 27, 2024
Parlemen

Jumlah Pemilih di Kecamatan Manggar Belitung Timur Berkurang

Belitung Timur, Lensa Expose.com

Pemilih di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur mengalami pengurangan sebanyak 23 orang dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Sebelumnya jumlah pemilih mencapai 27.780 pada Daftar Pemilih Sementara (DPS) menjadi 27.757 dalam DPSHP.

Pada Rapat Pleno Terbuka Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Manggar di Gedung Serba Guna Desa Padang, Kamis (08/10/20), Ketua PPK Manggar Suzar Triandi mengatakan adanya pengurangan jumlah pemilih dalam DPSHP lantaran adanya pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS), baik pemilih yang pindah domisili maupun meninggal dunia.

“Pemilih TMS kebanyakan karena adanya perpindahan penduduk, kemudian pemilih yang meninggal dunia. Total pemilih TMS kita mencapai 73 orang untuk 9 Desa di Kecamatan Manggar,” ungkap Wildan sapaan akrab Suzar.

Untuk jumlah Pemilih Baru di Kecamatan Manggar, Wildan menyebutkan penambahan mencapai 50 orang pemilih baru. Desa Baru Kecamatan Manggar, paling banyak mengalami penambahan yakni dengan 16 pemilih baru.

“Jadi kalau untuk data pemilih ini sifatnya dinamis, artinya akan terus mengalami perubahan sewaktu-waktu. Bisa bertambah dan berkurang,” jelas Wildan.

Hasil DPSHP di tingkat PPK merupakan keputusan pleno dari tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Desa. Selanjutnya, kata Wildan hasil Penetapan Pleno DPSHP di tingkat PPK akan diserahkan ke KPU Kabupaten Belitung Timur untuk ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Pleno di tingkat Kabupaten atau KPU akan dilaksanakan pada 11 Oktober 2020. Diharapkan dengan adanya data yang tersaji masyarakat bisa mendapatkan data yang akurat terkait daftar pemilih di Kecamatan Manggar,” kata Wildan.

Rapat Pleno terbuka PPK Manggar dihadiri oleh Komisioner KPU Kabupaten Beltim Rizky Rinaldi, Anggota Panwascam Manggar, Koramil Manggar, Kepala Desa Padang serta perwakilan dari dua tim pemenangan pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor urut 1 dan 2.

Total data pemilih pada DPSHP Kecamatan Manggar untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Beltim Tahun 2020 berjumlah 27.257 pemilih, yang terdiri dari pemilih laki-laki 14.060 orang dan pemilih perempuan 13.697 orang.

Penulis : Tomy

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *