Sabtu, April 27, 2024
Style

Bupati Garut Resmikan Kawasan Wisata Multifungsi

Garut, Lensa Expose.Com

Bupati Garut,H.Rudy Gunawan, SH, MH,MP meresmikan kawasan wisata air Multifungsi dan Multiguna di Daerah Irigasi Cimaragas Blok Talangseng Kp.Ciburuy Kel.Margawati Kec.Garut Kota Kabupaten Garut, Jawa -Barat, Sabtu (04/07/2020).

Dalam sambutannya Bupati Garut H.Rudy Gunawan,SH, MH,MP mengatakan, dalam peningkatan pengelolaan irigasi teknis melalui pemberdayaan masyarakat yang mandiri dan berkelanjutan.

“Bahwa Tahun 2020 akan memperhatikan masalah pemeliharaan irigasi teknis dan masyarakat akan diberdayakan dalam konsep pemberdayaan termasuk untuk kawasan wisata multifungsi di Daerah Irigasi Cimaragas Blok Talangseng Kampung Ciburuy Kelurahan Margawati Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut,” ujarnya.

Selanjutnya Bupati Garut pada sambutannya menyampaikan pesan kepada Kepala Dinas PUPR Hj.Ir.Luna Avriantini sebagai pengelola Aset Irigasi Blok Talangseng untuk konsisten pada pemeliharaan irigasi tersebut karena merupakan konsep Irigasi yang menggabungkan dengan konsep wisata adalah konsep Irigasi pertama di Jawa Barat.

“Yang dilakukan adalah Pentahelik dan lintas Dinas disamping sebagai kawasan pemberdayaan bahwa kawasan Irigasi Talangseng akan dijadikan sebagai kawasan Pariwisata Multifungsi dan kawasan Multiguna, “ujarnya.

Lanjut Rudy, bilamana kawasan tersebut kalau bagus dan berjalan sesuai dengan harapan tanah di sekitar, akan di beli tanah oleh Pemerintah akan tetapi tidak untuk di bangun atau di alihfungsikan karena lahan ini merupakan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

“Terkait perbaikan akses jalan, memang penting sekali untuk mendapatkan izin dulu dan kalau ada,apa saja yang harus diperbaiki, pengamanan juga penting dan saya akan buat pagar-pagar pengaman nanti, ” paparnya .

Sementara itu,Kepala Dinas PUPR Kabupaten Garut,Hj.Ir.Luna Avriantini mengungkapkan,bahwa kawasan wisata air irigasi Talangseng merupakan satu-satunya destinasi wisata yang di inisiasi oleh Dinas PUPR.

“Adapun yang menjadi latar belakang penataan daerah irigasi Blok Talangseng adalah berawal dari adanya keinginan untuk mengoptimalkan operasi dan pemeliharaan daerah irigasi dengan mengajak masyarakat sekitar maupun P3A untuk turut serta memelihara saluran irigasi, ” ujarnya.

Di tempat yang sama, Yayat Kusuma selaku Ketua RW 03 Kp.Ciburuy Kel.Margawati Kec.Garut Kota Kab.Garut menuturkan , Ia menyampaikan sangat berterima kasih kepada Bupati Garut beserta Kadis PUPR dan instansi terkait yang ikut mensupport kawasan Talangseng.

“Sebagai pengurus lingkungan RW 03 saya tidak bisa mengucapkan dengan kata-kata dan sangat bergembira,” tuturnya.

Lebih jauh Yayat mengatakan dengan Bupati dan Instansi terkait juga sebagai dorongan semangat untuk bisa terus berkiprah dalam memelihara,menata dan menjaga kawasan Talangseng.

“Kami di bantu oleh Dinas PUPR, kami sudah satu tahun lebih, sudah sedemikian rupa dukungannya apalagi kalau di dukung untuk selanjutnya kami tambah semangat lagi, “pungkasnya.
(Suwito).

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *