Babinkamtibmas Desa Lalang Kawal Pembagian BLT-DD Secara Door to Door

Beltim, Lensa Expose.com

Dampak Pandemi Covid-19 masih betul-betul dirasakan oleh sebagian masyarakat, begitu juga bagi masyarakat Kab. Belitung Timur yang mayoritas sebagai pekerja harian. Covid-19 yang sudah merebak di Indonesia sejak beberapa bulan sampai dengan saat ini menimbulkan kemunduran dan efek diberbagai sektor, terutama di sektor ekonomi yang imbasnya juga mempengaruhi dari pada tatanan sosial.

Hal ini tentu mendapatkan perhatian dan kerja sama dari berbagai elemen masyarakat untuk secara bersama menghadapi pandemi Covid-19. Tim percepatan gugus penanggulangan Covid-19 juga disegerakan Pemerintah dibentuk di setiap Kabupaten bahkan sampai ketingkat Desa.

Polri salah satu yang dipercaya Pemerintah untuk menjadi bagian dari pada Tim gugus percepatan penanganan Covid-19 juga melakukan berbagai upaya untuk antisipasi, cegah bahkan mengedukasi masyarakat untuk bersama putuskan rantai penyebaran Covid-19.

Polres Beltim dan Polsek jajaran dalam hal terkait Polri peduli membantu masyarakat yang terdampak Covid-19, sejak 4 bulan terakhir terus secara berkala menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembako dan bentuk pelayanan lainnya.

Perhatian dari Pemerintah pun juga didapatkan masyarakat yang terdamak Covid-19 yaitu dengan disalurkannya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Polri juga diminta untuk turut mengawal, mengamankan dan mengawasi secara langsung penyaluran dana tersebut.

Untuk jajaran Polres Beltim sendiri, setiap Bhabinkamtibmas dan beberapa personel dari satuan fungsi yang ada di Polres Beltim diperintahkan langsung oleh Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H untuk terjun langsung dalam hal pengamanan, pengawalan dan pengawasan penyaluran BLT-DD.

Kapolres Beltim mengintruksikan kepada jajarannya agar dana tersebut betul-betul sampai ketangan masyarakat yang membutuhkan dan terdampak Covid-19. Seperti yang dikatakan Kapolres Beltim beberapa kali pada kesempatan memberikan pengarahan kepada para Bhabinkamtibmas “Awasi penyaluran dana tersebut dengan cara melekat pada Pemerintahan Desa, jangan sampai ada penyelewengan dana yang bisa memancing situasi kamtibmas justru menjadi terganggu.

Saat ini masyarakat yang terdampak Covid-19 sangat membutuhkan uluran tangan dan bantuan seperti itu, jangan sampai ditemukan adanya oknum yang mencoba untuk memainkan dana tersebut sehingga tidak sampai ketangan yang membutuhkan, ujar Kapolres.

Bripka Dimas Adrianto menindak lanjuti perintah Kapolres Beltim dengan langsung mengawal pembagian BLT-DD bersama Pemerintahan Desa Lalang Kec. Manggar. Namun ada yang berbeda saat pembagian dana tersebut, Kades Lalang Jaya mengatur pembagian BLT-DD tersebut dengan cara mengantarkan langsung secara door to door kepada masyarakat yang memang sudah terdata dan berhak untuk mendapatkan BLT-DD.

Konfirmasi dari Bhabinkamtibmas bahwa pembagian dana tersebut secara door to door merupakan salah satu upaya agar tidak terjadinya masyarakat yang berkumpul saat pembagian BLT-DD. Kita memang membagikan langsung kerumah warga yang membutuhkan, namun kita juga harus mengedukasi masyarakat agar penerapan protokol kesehatan tetap dijalankan, karna saat ini meskipun kita telah dalam situasi tatanan hidup baru, namun pandemi Covid-19 masih ada ditengah-tengah kita, ungkap Bhabinkamtibmas.

Penulis : Tomy

 106 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *