Pemdes Banjarwangi Realisasikan Dana Desa APBN Tahap I Tahun Anggaran 2020

Garut, Lensa Expose.Com

Pemerintah Desa (Pemdes) Banjarwangi Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut Jawa-Barat merealisasikan Dana Desa (DD) Tahap I 40 persen bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2020 .

Kepala Desa Banjarwangi,Yogi Hapit,SE ketika di temui Lensa Expose.Com, Selasa (19/05/2020) di ruang kerjanya kantor desa Banjarwangi menjelaskan,sesuai dengan Peraturan Menteri No 6 tahun 2020 kegiatan yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) APBN tahun 2020 di Tahap pertama (satu) 40 persen untuk desa Banjarwangi kegiatan yang dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) kegiatan,kegiatan tersebut di alokasikan 30 persen untuk penanganan pencegahan Covid-19, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Padat Karya Tunai (PKT).

“Alhamdulillah untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 sudah dilaksanakan penyemprotan disinfektan di tempat ibadah,rumah warga dan tempat-tempat umum lainnya guna mencegah penyebaran Covid-19, kemudian BLT Dana Desa sudah disalurkan ke tiap-tiap penerima manfaat dan sekarang kita rapat sedang membahas mengenai kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) , untuk kegiatan PKT berbasis RT dan setiap RT nantinya melaksanakan PKT,sebanyak 35 RT ada dibawah 6 RW adapun kegiatan yang dilakukan yaitu pembersihan saluran-saluran air , pembersihan jalan dan pembersihan makam, ” jelasnya .

Anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diambil dari Dana Desa (DD) sebesar Rp.190.800.000,- di salurkan langsung kepada 106 KK dengan Nilai pembagian sebesar Rp.600.000,- per KK per Bulan selama 3 (tiga) bulan (April Mei Juni) , sesuai dengan kriteria Kementrian PDTT , untuk yang sudah mendapatkan program PKH dan BPNT tidak mendapatkan.

“Semoga bantuan itu dapat membantu meringankan kebutuhan sehari-hari dan perekonomian warga selama pandemi Covid-19 , ” ujarnya .

Harapan Yogi , Wabah Virus Corona (Covid-19) segera cepat selesai dan berakhir di negara kita agar kondisi masyarakat kembali seperti semula, ekonomi kembali normal seperti biasa sehingga kita bisa menjalankan pembangunan APBDES yang sudah di tetapkan .

Selain itu , Kades Banjarwangi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten,Provinsi dan Pusat yang telah menberikan bantuan baik sembako,BLT dan lain sebagainya ,
” mudah-mudahan itu bisa bermanfaat bagi warga masyarakat Desa Banjarwangi , ” pungkasnya.

Penulis : Suwito

 249 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *