Jumat, Juni 14, 2024
BogorJawa BaratPemerintahanSosial & Budaya

Pemdes Sukamaju Salurkan Bantuan Pangan Beras Pada 1.046 KPM, Warga Sumringah

CIBUNGBULANG,Lensaexpose.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamaju, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor saat ini tengah menyalurkan bantuan pangan beras kepada 1.046 keluarga penerima manfaat (KPM) untuk tahap kelima di bulan Juni tahun 2024.

Giat penyaluran tersebut berlangsung di rumah kediaman Kepala Desa (Kades) Sukamaju, Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor, Hj. Cucum Ratna Suminar S.IP Pada, Kamis 06 Juni 2024.

Diwawancarai awak media ini, Kaur Kesra Desa Sukamaju, Rui Bigana menyampaikan, bahwa giat hari ini di desa sukamaju tengah menyalurkan bantuan pangan beras kepada 1.046 keluarga penerima manfaat (KPM) untuk tahap ke lima di tahun 2024 ini.

“Per KPM menerima 10 kilogram (kg) beras, dan giat tersebut di mulai sejak pagi sekitar pukul 08.00 WIB sampai selesai,” ujar Rui Bigana kepada Wartawan disela giat penyaluran beras tersebut. Rabu, (06/06/2024).

Rui mengatakan, dari jumlah data 1.046 KPM tersebut ada sebagian data yang belum masuk dalam DTKS. Karena, kata Rui, ini program nya beda, jadi data awal dengan data yang baru kita ajukan dan semua digabungkan.

“Tapi nanti semua kita akan masukan ke DTKS dan kita cek, warga tersebut layak atau tidaknya untuk mendapatkan bantuan,” katanya.

Selain itu pihaknya juga akan menginput semua data hasil pengajuan dari RT masing masing wilayah. Dan akan dimusyawarahkan kembali dengan pihak yang bersangkutan melalui musyawarah desa (Musdes).

“Jadi hasil pengajuan RT dari setiap wilayah akan kita input dan kita cek kembali di DTKS dengan hasil musyawarah bersma, bahwa warga tersebut layak atau tidak. Jadi biar tepat sasaran. Karena tiap taun ada penambahan data,” terang Rui.

Rui juga menyampaikan bahwa dalam giat tersebut melibatkan semua unsur yang berkaitan dalam penyaluran bantuan pangan beras tersebut.

“Yang berkaitan dengan masalah sosial kita libatkan, terutama dari Kantor Pos, Rt/Rw, IPSM dan termasuk BPD juga turut ikut memonitor giat ini.

Dan harapan saya semoga bantuan ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, apalagi perekonomian dimasa sekarang ini kan masih sulit. Jadi program ini mudah-mudahan bisa bermanfaat lah bagi warga di Desa Sukamaju,” pungkasnya.

Sementara Ibu Aisah (50), salah satu warga penerima manfaat mengaku senang dengan adanya bantuan tersebut. Karena menurutnya bisa sedikit mengurangi kebutuhan keluarga sehari hari.

“Alhamdulillah seneng sih, karena ngebantu juga buat kebutuhan keluarga, dan saya juga sudah lima kali dapet bantuan ini. Dan saya juga ucapkan terimakasih kepada pemerintah yang sudah menyalurkan bantuan ini,” ungkap Aisah. (Rdy)

Loading