Senin, April 29, 2024
BogorJawa BaratPemerintahanPeristiwa

Rumah dan Lahan Pertanian Di Desa Babakan Ciseeng Terendam Banjir

CISEENG,Lensaexpose.com – Ratusan kolam ikan dan lahan pertanian di Desa Babakan, Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor terendam banjir akibat diguyur hujan cukup deras yang melanda wilayah tersebut dan sekitarnya. Pada, Rabu (29/11) sore hingga malam hari.

Selain merendam ratusan kolam ternak ikan hias dan lahan pertanian, beberapa rumah warga pun ikut terdampak banjir dan terendam hingga 30 sentimeter.

“Di Kampung Babakan Tengah RT 7 RW 3 Desa Babakan ada sekitar 5 sampai 7 rumah warga terendam air sekitar 30 sentimeter. Hingga siang ini, air masih belum surut,” ucap Bahudin HS, seorang warga sekitar, Kamis (30/11/2023).

Ia mengungkapkan, banjir tersebut terjadi setelah turun hujan deras selama beberapa jam sehingga volume air tidak tertampung oleh saluran air (solokan) dan meluap.

Foto: sejumalah rumah warga di Desa Babakan, Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor terendam banjir.

“Terlebih solokan tidak layak dan terkikis oleh pembangunan dari gedung sekolah milik sebuah yayasan pendidikan,” jelasnya.

Selain banjir yang terjadi di rumah warga, lanjutnya, luapan air juga terjadi di sepanjang bantaran kali Cibeuteung yang berakibat ratusan kolam ternak ikan dan sawah milik warga terendam banjir.

“Diantaranya di Kampung Babakan Sabrang, Babakan Kulon dan juga beberapa kampung lainnya. Akibat banjir itu, petani ikan hias dan ikan konsumsi dipastikan merugi,” ucap Bahudin.

Adanya musibah banjir tersebut juga diungkapkan seorang warga bernama Alek yang juga memiliki kolam ternak ikan di Kampung Babakan Kulon, Desa Babakan.

“Iya hujan deras dan ditambah kiriman air dari hulu, sehingga kali Cibeuteung meluap dan banjir. Saya rugi lumayan banyak, sebab ikan hias dan ikan gurame yang di empang (kolam) jebol terbawa air,” tukasnya. (Rdy)

Loading