Jumat, April 19, 2024
DepokJawa BaratPendidikanSosial & Budaya

Peduli Sosial, FIKES UPN Veteran Jakarta Lakukan Penthahelix Sigap Sehati II Di MTs Nurul Falah Areman Kota Depok

DEPOK,Lensaexpose.com – Sebagai bentuk kepedulian sosial sekaligus pengabdian kepada masyarakat, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta telah melakukan kegiatan Pentahelix Sigap Sehati II.

Kegiatan berlangsung di MTs Nurul Falah Areman, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu, 22 November 2023 lalu. Kegiatan ini diinisiasi oleh Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UPN Veteran Jakarta sejak tahun 2022.

Dalam kegiatan penthahelik tersebut, melibatkan lima unsur yang meliputi Aparatur Pemerintah, Akademisi, Media, Komunitas dan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

“Giat penthahelik ini diawali dengan penandatangan MoA dan IA yang telah dilakukan pada awal November 2023,” ujar Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (Desmawati, SKp, MKep, Sp.Mat, Ph.D).

Adapun rangkaian kegiatan di MTs Nurul Falah terdiri dari acara pembukaan dan dilanjutkan giat skrining dan penyuluhan yang dipandu mahasiswa FIKES Ismaya Ramadhanti. Kata sambutan diberikan Agustiyawan, selaku Wakil Dekan 3, dan Alfu Satfi, S.Ag Kepala Sekolah MTs Nurul Falah Areman.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Shofari dari MTs Nurul Falah Areman, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, serta penyerahan plakat dan quaker oat secara simbolis.

“Kemudian tim melakukan edukasi terkait anemia kepada 55 orang siswa/siswi yang telah berada di dua ruangan yang berbeda antara laki-laki dan perempuan,” ujar Desmawati.

Ia melanjutkan, kegiatan yang kedua dilakukan di ruangan berbeda diawali dengan pengisian pretest, pemaparan materi edukasi terkait anemia dan sesi tanya jawab bersama Dr. Chandrayani Simanjorang, M.Epid. di ruangan khusus perempuan dan Andy Sirada, S.S.T, M.Fis di ruangan khusus untuk siswa laki-laki.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengisian post-test serta pemberian door prize untuk penanya terbaik. Screening kesehatan juga dilakukan terhadap siswa/siswi kelas 7 yang meliputi pemeriksaan tinggi badan, berat badan, lingkar lengan atas, tekanan darah, kesehatan mata, gigi, dan telinga, perilaku berisiko, serta pemeriksaan kadar hemoglobin yang dikhususkan untuk siswa perempuan.

Kegiatan diakhiri dengan penutupan oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta Desmawati, SKp, MKep, Sp.Mat, Ph.D.

Selain tim dari FIKES UPNVJ, kegiatan Pentahelix Sigap Sehati II di MTs Nurul Falah turut dibantu oleh Fadiyah Qistina Hidayat, SKM sebagai perwakilan staf Puskesmas Tugu dan 6 mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. (Rdy)

Loading