Jumat, Juni 14, 2024
DepokJawa BaratPemerintahanSosial & Budaya

Sekdis Kominfo Melepas Rombongan Majlis Taklim Balai Wartawan Depok Wisata Religi ke Suryalaya

DEPOK,Lensaexpose.com – Majelis Taklim (MT) Balai Wartawan Kota Depok mengadakan acara wisata religi dengan tujuan utama Pesantren Suryalaya di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Acara ini diikuti oleh 50 peserta yang mayoritas merupakan wartawan Depok. Rombongan ini berangkat dari halaman Balai Kota Depok.

dengan menggunakan satu bus yang dilepas secara resmi oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Depok, Muhammad Fahmi. Kamis( 23 /05/24)

Joko Warihnyo, pembina Majelis Taklim Balai Wartawan Depok, menjelaskan bahwa tujuan dari wisata religi ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan, terutama mengenai makam para wali Allah dan penyiar agama Islam.

Joko Warihnyo menekankan bahwa ziarah ke makam wali bertujuan untuk mendoakan tokoh ulama yang telah meninggal, sebuah amalan yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW.

“Ziarah ke makam para wali sering dilakukan oleh masyarakat dan memiliki banyak kebaikan, pertolongan, serta keberkahan dari Allah SWT. Bahkan, kegiatan ini salah satu program MT Balwan, menjadi rutinitas tahunan yang dilakukan pada bulan-bulan tertentu,” ujar Joko Warihnyo yang juga Ketua MItra Pers Depok

Dalam rangkaian wisata religi ini, selain berziarah ke makam para wali Allah di Suryalaya, rombongan juga akan mengunjungi Masjid Al Jabar, sebuah masjid besar yang menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat. Wisata religi ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari hingga hari Jumat.

Hal senada di sampaikan Ketua Majelis Taklim Balai Wartawan Depok, Adi Rakasiwi, bahwa program wisata religi ini telah dicanangkan sejak setahun yang lalu. “Masih banyak tempat wali Allah yang akan kami kunjungi di masa mendatang,” kata Adi.

Dengan semangat kebersamaan para jamaah pengajian Majelis Taklim, diharapkan keimanan mereka semakin kuat dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sekretaris Dinas Kominfo Depok, Fahmi, dalam sambutannya saat pelepasan rombongan, menyampaikan Pujian pada Majelis Taklim Balai Wartawan Depok dan memberikan doa agar perjalanan wisata religi ini berjalan lancar.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menambah ilmu pengetahuan para peserta dan semoga semuanya kembali ke Depok dengan selamat,” ujar Fahmi.

Muhammad bin Husin Al Habsyi, seorang ulama, menambahkan bahwa ziarah ke makam para wali memiliki tujuan untuk tabaruk (mengharapkan keberkahan), ikrom (memuliakan), ta’dhim (mengagungkan), dan khidmat (pengabdian). Hal ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi para peserta dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya kegiatan wisata religi ini, diharapkan para wartawan yang tergabung dalam Majelis Taklim Balai Wartawan Depok dapat semakin memperdalam pengetahuan agama mereka dan mengaplikasikannya dalam tugas jurnalistik mereka.

Kegiatan ini juga menjadi momen penting untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota majelis taklim dan masyarakat luas.

Perjalanan yang penuh makna ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi setiap peserta, tidak hanya dalam hal spiritual tetapi juga dalam memperkuat hubungan sosial dan profesional di kalangan wartawan Depok.

Sebagai kegiatan yang telah menjadi tradisi tahunan, wisata religi ini diharapkan dapat terus berlanjut di masa mendatang, membawa lebih banyak manfaat dan inspirasi bagi para peserta. (Ag)

Loading