Selasa, Mei 28, 2024
CianjurJawa BaratPemerintahanPendidikan

Forum PKBM Korwil 4 dan Kelompok Belajar Melakukan Kunker ke PKBM Halimatussa’diah

CIANJUR,Lensaexpose.com – Keberadaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kabupaten Cianjur tak diragukan lagi ke-eksisannya. Hal ini di buktikan dengan Kunjungan Kerja (Kunker) Ketua Umum Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Darwis Nurjaman S.pd bersama dengan Forum Komunikasi PKBM Halimatussa’diah beserta rombongan PKBM yang lainnya berkunjung ke PKBM Halimatussa’diah, yang merupakan salah satu PKBM terbaik di Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka silaturrahmi sekaligus melihat kondisi dilapangan terhadap kegiatan dan proses yang dilakukan oleh PKBM di Daerah, yang mana kegiatan diadakan di Aula PKBM Halimatussa’diah

Pemerintah Kabupaten Cianjur menyambut baik atas kedatangan dari PKBM pusat ini hal tersebut disampaikan ketua perwakilan (Korwil) koordinator wilayah 4 Darwis Nurjaman S.Pd bahwa pihaknya sangat bahagia dan berbangga hati bisa berkunjung ke PKBM Halimatussa’diah beserta rombongan dan PKBM yang lainnya.

Dengan kehadirannya para rombongan PKBM tersebut, Pemkab Cianjur sangat mendukung dan mengucapkan terima kasih atas sumbangsih PKBM dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Cianjur.

“Ini merupakan tugas yang sangat Mulia, karena menampung masyarakat yang telah putus sekolah dengan berbagai alasan, dan mereka dapat kembali melanjutkan pendidikan,” Kata Darwis Nurjaman.

Oleh karena itu kata Darwis, Pemkab Cianjur tidak akan menghalang-halangi atau memperlambat terhadap segala macam yang dibutuhkan oleh PKBM, baik itu berupa izin maupun terhadap kebutuhan yang lainnya.

“Malah kita terus merespon, mensuport dan sangat mendukung mempercepat menggesahkan, terhadap regulasi ususlan-usulan izin bagi PKBM yang ada di kabupaten cianjur,” ujarnya.

Bahkan Ia juga mengajak untuk turut dukung terhadap pendidikan dan demi keberlangsungan PKBM ini, karena bukan saja terhadap pelaksanaan ujian Paket (A, B dan C) saja, namun lebih dari itu bahwa PKBM telah menyelamatkan anak-anak bangsa yang putus sekolah.

“Bayangkan saja berapa anak-anak yang putus sekolah akibat beberapa kemungkinan diantaranya biaya yang mahal, berada di pelosok-pelosok dan jauh dari sekolah. Sehingga mereka tidak dapat melanjtkan sekolah, maka PKBM inilah penyelamat bagi anak-anak bangsa yang putus sekolah tersebut,” terang Darwis Nurjaman.

“Kita lihat fungsi dan tugas PKBM adanya unsur penyelamat bagi anak-anak bangsa yang putus sekolah baik dari SD, SMP, SMA, Semoga para pengelola PKBM mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT, Dalam Menjalankan Tugas Mulia ini,” tambahnya.

Selain itu, Darwis Nurjaman juga mengimbau terutama Camat dan Kepala Desa mari kita berikan arahan perhatian dan dukungan terhadap keberlangsungan PKBM yang ada di kabupaten cianjur ini. “Jika Memungkinkan dan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku mari kita berikan Suport.dukungan dalam bentuk materi dan bantuan,” tuturnya.

Sementara itu, dalam arahan menyampaikan sangat terharu melihat perkembangan PKBM di Provinsi jawa barat Khususnya PKBM yang ada di kabupaten cianjur.

“Saya menitipkan pesan agar selalu dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat melalui PKBM ini, karena tidak semua orang yang mau meluangkan waktu dan pikiran dalam membantu masyarakat secara nyata, oleh sebab itu kami sangat bangga dengan PKBM Halimatussa’diah. cianjur ini yang telah memberikan sumbangsih terhadap masyarakat yang susah,

Kunjungan Ketua Umum PKBM Korwil 4 ke PKBM Halimatussa’diah. bukan dilakukan sendiri namun didampingi oleh rombongan PKBM, yang lainnya. Alhamdulillah sampai ke kabupaten cianjur ini, oleh sebab itu mari kita majukan PKBM ini dan lebih bagus lagi, karena bukan saja pendidikan Non formal saja tapi masih banyak kegiatan masyarakat yang dapat harus dikembangkan lagi.

Seperti produk-produk kerajinan masyarakat yang manjadi unggulan masyarakat seperti skill kerajinan Bahan Daur Ulang Bekas Minuman Plastik itu lebih bagus dan harus di Kembangkan lagi khusus untuk Masyarakat setempat.

“Mari kita bersyukur kepada Allah SWT karena kita telah di pilih sebagai pegiat dan peduli terhadap masyarakat, semoga tetap Eksis dalam memperjuangkan kebutuhan masyarakat terutama Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan Non formal yang dikelola oleh PKBM ini, walaupun kita lakukan secara sukarela, tapi Allah SWT akan menggantikan dengan pahala kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Cianjur dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungannya Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK PKBM) wilayah 4 yang dipimpin oleh bapak Darwis Nurjaman.

“Semoga ini menjadi cambuk dan dorongan agar kami dapat lebih maju lagi. Kita siap untuk bersinergi baik moril maupun materil, dan kami perlu dukungan dan arahan dari DPP PKBM agar kabupaten cianjur khusunya PKBM Halimatussa’diah ini, agar lebih maju lebih Baik lagi dan kondusif untuk ke Depannya. Amin Yarobbal Allamin,”  Pungkasnya. (Hadri A)

Loading