Jumat, April 19, 2024
BogorJawa BaratPemerintahanSosial & Budaya

Sampah Liar Di Jalan Raya Kosol Desa Sadeng Kembali Dibersihkan

LEUWISADENG,Lensaexpose.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang jatuh pada tanggal 29 November 2023. Pemerintah Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor melakukan aksi bersih-bersih sampah.

Aksi bersih-bersih sampah itu dilakukan di bahu jalan raya nasional Kampung Kosol, Desa Sadeng, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor yang dipimpin langsung oleh Camat Leuwisadeng, Dr.Rudi Mulyana.

Dilokasi tersebut juga, sampah liar itu kerap kali menumpuk yang sengaja dibuang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kegiatan itu sebagai wujud nyata cinta lingkungan dengan tujuan supaya bersih rapi dan nyaman untuk dilihat warga setempat, terlebih tumpukan sampah itu berada di pinggir jalan nasional, jelas sangat menggangu ketertiban umum.

Sebelumnya, satuan polisi pamong praja (Satpol-PP) bertindak melalui Jumat bersih (Jumsih) membersihkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar tersebut.

Foto: Anggota Satpol-PP Kecamatan Leuwisadeng Saat Melakukan Penanaman Pohon di Kampung Joglo RW 001, Desa Sadeng.

“Kita tadi dengan pimpinan kita Camat dengan semua unsur di satuan organisasi kecamatan Leuwisadeng, semua ikut serta dan kita berupaya terus membersihkan tempat tersebut. Agar terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat,” kata Kasi Trantib Kecamatan Leuwisadeng, Cecep Tramiji. Seusai melakukan kegiatan tersebut. Kamis (23/11/2023).

Cecep membeberkan, kegiatan sosial bersih bersih itu berkordinasi dengan pihak UPT Dinas Lingkungan Hidup (DLH) UPT Leuwiliang dan merespon dengan baik.

“Dalam hal ini kita berkordinasi dengan DLH dan mereka (DLH) menindak lanjuti Alhamdulillah UPT DLH Leuwiliang merespon baik,” bebernya.

Dia menghimbau baik memberikan sepanduk dan siaga, agar oknum warga tidak lagi membuang sampah sembarangan di tempat tersebut.

“Kita tidak diam saja, karena kebersihan yang paling utama. Dapat dipastikan pembuang sampah ini warga luar Leuwisadeng, kita berikan, karena kita sempat menangkap kita berikan himbauan dulu. Bilamana nanti himbauan kita tidak di indahkan, kita akan berikan tindak pidana ringan sesuai dengan Perda yang berlaku,” ujarnya.

Setelah melakukan bersih-bersih sampah. Organisasi Kecamatan Leuwisadeng itu melakukan aksi penanaman ratusan pohon kayu jengjeng, jambu biji dan jeruk, di lahan kosong wilayah Kampung Joglo RW 001, Desa Sadeng.

Aksi peduli terhadap alam itu di apresiasi oleh masyarakat setempat, dengan diharapkan kegiatan sosial ini dapat dilaksanakan secara rutin. Untuk memberikan himbauan terkait sampah sekaligus aksi langsung kepada masyarakat penanaman pohon.

“Terimakasih kepada pihak Pemcam Leuwisadeng sudah melakukan aksi sosial, penanaman pohon dan bersih-bersih sampah di wilayah Desa Sadeng,” Kata Sekdes Sadeng Deden.

Di akuinya, bahwa kebersihan adalah sebagian dari pada iman, untuk itu jika masyarakat merasa dirinya beriman, mari jaga kebersihan lingkungan.

“Menjaga lingkungan dengan melakukan hal yang paling sederhana yaitu tidak membuang sampah sembarangan, dan memanfaatkan lahan-lahan kosong dengan menanam bibit pohon yang bermanfaat di kemudian hari,” katanya. (Rdy)

Loading