Senin, Juni 24, 2024
Belitung TimurDaerahPemerintahan

Kunker ke Jatim, Ini Program Yang Bisa Diterapkan di Belitung Timur

BELTIM,Lensaexpose.com – Berbagai program kerja dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Jatim) dipaparkan Kepala Dinas Kominfo Jawa Timur (Jatim), Sherlita Ratna Dewi Agustin dihadapan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskotikdansa) Kabupaten Beltim Bayu Priyambodo dan wartawan Belitung Timur (Beltim) di Ruang Argopuro Lt. 2 Diskominfo Jatim, Selasa (7/11).

Penyampaian paparan tersebut dilakukan dalam rangka kunjungan kerja Kepala Diskotikdansa Kabupaten Beltim Bayu Priyambodo bersama kelompok kerja wartawan Beltim ke Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) dalam rangka mempelajari Keterbukaan Informasi Publik.

“Banyak program kita laksanakan pada program kegiatan Perangkat Daerah melalui website, Instagram, Twitter. Rekrutmen anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Jatim, kerjasama Diskominfo dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) serta Reskrim Polda Jatim berkolaborasi meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia melalui pelatihan Cyber Security Fundamental,” ujar Sherlita.

Sherlita Ratna Dewi Agustin juga menyampaikan ada beberapa program di Diskominfo Jatim bisa diterapkan di Beltim.

“Berbagai program kerja kami laksanakan di Diskominfo Jatim yang bisa direplikasi oleh Kabupaten Beltim. Kami punya aplikasi Klinik Hoaks yang bisa diakses darimanapun. Aplikasi ini dikembangkan untuk memberikan ruang kepada masyarakat untuk mengecek kebenaran informasi. Melalui aplikasi ini, kurang dari 24 jam kami sudah bisa menjawab, apakah berita tersebut termasuk hoaks, fakta, disinformasi atau opini,” kata Sherlita.

Begitu juga pihaknya memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Kelompok Informasi Masyakarat (KIM). Selain itu, dalam produksi konten, pihaknya ada berita/release, info Jatim, video pendek, flyer untuk video social, podcast, iklan layanan masyarakat hingga live streaming.

Dalam kesempatan itu, Sherlita menyampaikan terimakasih atas kunjungan dari Kabupaten Beltim dan berharap terjalin kerjasama yang lebih meningkat.

Sementara itu, Kepala Diskotikdansa Bayu Priyambodo mengapresiasi pihak Diskominfo Jatim dalam memberikan berbagai informasi terkait Keterbukaan Informasi Publik.

“Terimakasih atas penyambutannya dan memberikan berbagai informasi terkait keterbukaan informasi publik. Kehadiran kami ke Diskominfo Jatim adalah untuk mempelajari keterbukaan informasi publik. Adapun salah satu inovasi yang dilakukan di Beltim adalah membangun media center dan optimalisasi KIM,” kata Bayu Priyambodo.

Dalam kesempatan itu, Bayu memperkenalkan rekan-rekan media yang hadir ke Jatim, mulai dari wartawan media cetak, elektronik dan online. (Tomy)

Loading