Kamis, Mei 2, 2024
BogorJawa BaratPemerintahan

Pemdes Putatnutug Salurkan BLT-DD 3 Bulan Sekaligus Pada 52 KPM

CISEENG,Lensaexpose.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Putatnutug, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada 52 keluarga penerima manfaat (KPM) pada, Kamis (26/10) kemarin.

Kasi Kesejahteraan Desa Putatnutug, Umsah mengatakan, bantuan yang diterima oleh masing-masing KPM sebesar 900 ribu rupiah untuk 3 bulan sekaligus dari BLT DD tahun anggaran 2023.

“Per KPM menerima uang 900 ribu rupiah untuk bulan Juli, Agustus dan September. Penyaluran ini sudah tahap ke tiga di tahun 2023,” kata Umsah kepada Wartawan, Jumat (27/10).

Umsah menyebut, sebanyak 52 KPM tersebut sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan sudah memenuhi kriteria.

“Jadi yang menerima bantuan ini sudah terdaftar di DTKS dan sudah memenuhi kriteria yang benar-benar layak dapat bantuan. Seperti kurang mampu, tidak memiliki pekerjaan tetap (serabutan) dan kondisi tempat tinggal. Dan itu memang kebanyakannya lanjut usia (lansia),” terang Bunda Uum sapaan akrabnya.

Ia menuturkan, selain penyaluran yang dilakukan dikantor desa, pihaknya juga mendatangi KPM kerumah masing-masing (door to door).

“Jadi kalau ada yang tidak bisa hadir ke kantor desa karena sakit atau ada hal lain, kami langsung anterin uangnya ke rumah masing-masing KPM,” ujarnya.

Uum juga menyampaikan bahwa ada pengurangan jumlah KPM dari tahun sebelumnya yang memiliki jumlah KPM sebanyak 150 lebih.

“Alhamdulillah ada pengurangan jumlah KPM, yang tadinya 150 lebih, sekarang jadi 52 KPM. Artinya ada pengurangan sekitar 50 persen. Mudah-mudahan bantuan ini bisa sedikit membantu meringankan beban hidup mereka dan bisa bermanfaat,” pungkasnya. (Rdy)

Loading