Rabu, Mei 29, 2024
BogorJawa BaratPemerintahan

Realisasikan Dana Desa Tahap Ketiga, Pemdes Cimanggu Dua Bangun Jaling di Dua Kampung

CIBUNGBULANG,Lensaexpose.com – Pemerintah Desa Cimanggu Dua, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor saat ini tengah melaksanakan program pembangunan infrastruktur di tiap-tiap wilayahnya yang di danai melalui anggaran dana desa (DD) tahap ketiga (akhir tahun 2023).

Seperti pembangunan jalan lingkungan atau Jaling di wilayah Kampung Babakan Lapangan, Rt 001 Rw 005 tengah dilakukan pengecoran jalan sepanjang 210 meter lebar 1 meter dengan ketinggian 0,10 centi meter.

“Titik keduanya di Kampung Cibungbulang, volumenya panjang 255 meter tinggi 0.1m dan lebar 1 meter. Teknis pengerjaan kita libatkan swadaya masyarakat sekitar, dan pengerjaannya sudah berjalan satu minggu. Sekarang pisiknya sudah 80 persen,” kata Dwi Sutanto Ketua TPK Desa Cimanggu Dua saat ditemui Wartawan di ruangannya, Selasa (2 Januari 2024).

Dwi menyebut, meski terhambat oleh faktor alam, pengerjaan jalan lingkungan itu akan rampung pada hari kalender kerja atau sesuai yang sudah direncanakan pada rencana awal bangunan (RAB).

“Kalau kendala paling di faktor alam aja sih, tapi insya allah dalam waktu dekat ini pembanguan jaling di dua titik itu akan segera rampung sesuai perencanaan. Dan mudah-mudahan bisa berjalan lancar. Selain itu hasil pembangunan ini untuk memperlancar akses mobilitas warga sekitar, dan saya harap warga juga bisa ikut merawat dan menjaganya,” ungkapnya.

Sementara Kepala Desa Cimanggu Dua, Edi Sukarya menjelaskan program pembangunan infrastruktur di wilayahnya yang sudah rampung maupun yang sedang dikerjakan itu di danai dari anggaran Dana Desa (DD) tahap ketiga tahun anggaran 2023.

“Jadi pembanguan infrastruktur dan ketahanan pangan ini masih masuk dalam perencanaan program di massa pemerintahan yang lama yang di danai melalui dana desa tahun 2023. Anggarannya kurang lebih 1 milyar lebih, yang dialokasikan untuk pembangunan posyandu, jaling dan ketahanan pangan,” terang Edi Sukarya.

Ia berharap program pembangunan di masa pemerintahan yang lama maupun yang saat ini tengah berjalan agar bisa dirasakan dan dimanfaatkan oleh warga masyarakat sekitar.

“Sambil berjalan pembangunan infrastruktur maupun yang lainnya, kita juga masih melakukan pembenahan administrasi dan hal-hal lain yang perlu kita tata dan kita rapihkan,” tukasnya. (Rdy)

Loading