Sabtu, April 27, 2024
DaerahJawa BaratPemerintahanPendidikanTasikmalaya

SMKN 2 Tasikmalaya Ciptakan Siswa-Siswi Disiplin Dan Siap Bekerja

Tasikmalaya-Lensaexpose.com – SMKN 2 Tasikmalaya yang berlokasi di Jalan Noenoeng Tisnasaputra Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, saat ini memiliki jumlah siswa sebanyak 2.600 orang dan sekolah tersebut, terkenal dengan para peserta didiknya yang disiplin serta berkarakter.

Dalam hal ini, sebagai lembaga Pendidikan dapat dikatakan berhasil bukan saja dilihat dari perolehan prestasinya saja, namun keberhasilan itu dapat dilihat bagaiman cara menerapkan sebuah program terhadap para peserta didiknya baik itu tentang pembiasaan kedisiplinan maupun tentang pembentukan karakternya.

Menurut Muhamad Ridwan S.Pd selaku Wakasek kesiswaan, mengenai penerapan program kedisiplinan sekolah, semenjak awal melalui pengenalan lingkungan sekolah sudah diperkenalkan kepada para siswa dan juga sudah di sosialisasikan kepada orang tua siswa itu sendiri.

Pembiasaan kedisiplinan itu telah dituangkan dalam tata terbit sekolah dan mengacu terhadap undang undang pendidikan yang berlaku. Dalam hal pembentukan karakter siswa didik juga diajarkan supaya menjadi manusia beriman dan bertaqwa serta memiliki budi pekerti yang luhur melalui program keagamaan.

Salah satunya adalah para siswa diwajibkan untuk sholat berjam’ah Dzuhur, Asar, dan paginya sebelum kegiatan belajar mengajar ada kegiatan Majelis Duha teruskan dengan Literasi dan Bina Fisik.

“Alhamdulliah dengan penerapan program tersebut, dalam hal menimba prestasi para siswa kami pernah menjadi juara di berbagai ajang kejuaraan, dan tahun sekarang ada 2 orang siswa kami yang akan ikut Lomba Kompetisi Siswa (LKS) ketingkat Nasional untuk mewakili Provinsi Jawa Barat dengan mata lomba prototype modeling jurusan mesin dan robotik jurusan mekatronika, yang diadakan di Kota Surabaya bulan Oktober nanti” tuturnya.

Selain prestasi keberhasilan sekolah tersebut, banyak siswa siswinya yang telah lulus keterima bekerja di berbagi perusahan. Di karenakan sekolah tersebut saat ini telah memiliki Bursa Kerja Khusus (BKK) sendiri, yang sudah bekerjasama dengan berbagi perusahaan salah satunya adalah, PT Rucika, Gajah Tunggal, Denso, Komatsu, Panasonic dan perusahaan lainnya.

“Kami berharap untuk kedepannya sekolah ini unggul dalam pembelajarannya maupun prestasinya, dengan tetap menerapkan dengan aturan yang sesuai dengan VISI MISI sekolah yaitu SMKN 2 Tasikmalaya Mewujudkan Juara Lahir Batin dan Masagi Tahun 2004”, tutupnya. (Yat)

Loading