Minggu, Juli 21, 2024
Provinsi Banten

Serunya Ngabotram, Warga RW 12 Kelurahan Sukabakti, Kecamatan Curug Makan Bersama di Atas Daun Pisang

Kab. Tangerang | lensaexpose.com

Warga rt 01 dan rt 02 wilayah RW 12 Kelurahan Sukabakti Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang memiliki tradisi khusus dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 78 Tahun dengan makan bersama atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ngabotram.

Budaya makan bersama antara warga itu terbilang unik karena makanan akan digelar di atas daun pisang yang dipasang berjajar, dan dimakan bersama-sama. Makanan yang tersaji pun makin nikmat karena disantap tanpa memakai sendok. Sajian tersebut makin lengkap dengan hadirnya lauk ikan asin, berbagai jenis lalapan, sambal terasi serta tahu dan tempe goreng yang nikmat.

Hadir dalam kegiata tersebut Lurah Sukabakti, H. Muhammad Ridwan Firdaus. SST, MSI, ketua RW 12 Muhammad Hasan, ketua rt 01, Djumadi, ketua rt 02, Rahman Supandi, Babinsa dan Babinmas Kelurahan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Menurut ketua rw 12, sekaligus penggagas kegiatan Muhammad Hasan kepada media ini menjelaskan “Sungguh kebanggaan sendiri buat kami selaku pengurus wilayah, kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan mendapat respon yang luar biasa dari warga RW 12, bahkan dapat dihadiri Lurah Sukabakti H. Muhammad Ridwan Firdaus.

Lebih lanjut dikatakan ketua rw 12 dimana sebelumnya pada tanggal 17 Agustus 2023, warga RT 01 & 02 mengawali kegiatan bersama dengan pawai sepeda hias setelah itu kegiatan lomba di masing-masing RT. dan baru pada saat ini (20 Agustus 2023) warga berkumpul kembali, berdoa bersama, serta di akhiri dengan makan bersama antar warga rt 01 & 02 di jalan wilayah RW 12.

“Karena ini kegiatan perdana, sehingga sumber dana untuk persiapan masih menggunakan dana pribadi, dan yang lainya warga bersama sama ikut partisipasi membawa makanan dan sumbangsih minuman ke area pelaksanaan untuk saling berbagi,” ujarnya.

Di akhir pembicaraan ketua RW berharap agar supaya warga masyarakat lebih memahami arti kebersamaan itu sangat penting, bersatu untuk maju, karena dengan kebersamaan ini warga semakin solid dan kompak, terangnya. (Mukhlis)..

Loading