Minggu, Mei 19, 2024
BogorJawa Barat

Desa Cicadas Gunung Putri Bangun Saluran Air / Drainase Pakai Dana Samisade Anggaran 2023

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Pemerintah Desa Cicadas  Kecamatan Gunung Putri Kabupaten  Bogor Jawa Barat  membangun irigasi saluran air sepanjang 200 Meter, Lebar 0, 40 Meter dan Tinggi 0,40  Meter di Kp. Parung Tanjung RW. 012  desa Cicadas

Menurut Ari,  selaku Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK),  bahwa, untuk tahap ke- 1 pengerjaan 60 persen dengan dana  Rp.120.000.000 tahap ke- 2, 40 persen dengan dana Rp.80.000.000

“Jadi total dana untuk menyelesaikan Irigasi Saluran Air/ drainase, menghabiskan dana Rp. 200.000.000 (termasuk pajak), “ucapnya. (21/08/2023)

TPK (Tim Pelaksana Kerja) oleh warga masyarakat setempat, lama pekerjaan 30 hari Kalender anggaran APBD Kabupaten Bogor / Samisade 2023

Program Samisade ini adalah tugas kita semua untuk mengawal pembangunan infrastruktur jalan ini, melihat bagaimana tata pelaksanaannya, pengerjaannya, spesifikasi dan yang lainnya dan diharapkan warga juga turut partisipasi dalam swadaya nya, misalnya mereka ikut membantu pada saat ada pelaksanaan pembangunan, karena diharapkan dengan Samisade ini juga timbul ke gotong royongan para warga di wilayah.

Harapan dengan terbangunnya kegiatan program Samisade tersebut bisa memperlancar transportasi warga saat berkendara, nyaman, aman dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kepala Desa Cicadas, Dian Hermawan  mengatakan pembangunan Saluran Air/ Drainase  berjalan dengan lancar walaupun cuaca kemarau tidak jadi hambatan, diharapkan dapat meningkatkan dan mengoptimalkan mobilisasi warga, ucapnya.

Sementara Sekdes Cicadas, M  Ijad Sudrajat  menjelaskan pembangunan saluran air tersebut sudah sangat lama dinanti nantikan oleh warganya, dan baru saat ini bisa direalisasikan berkat program Samisade Bupati Bogor.

“Saya mengucapkan terima kasih atas program bantuan yang diberikan Pemkab Bogor. Program bantuan dana infrastruktur Samisade yang digulirkan Bupati Bogor ini kami manfaatkan untuk membangun Saluran Air/ Drainase,” terangnya.

Ditempat yang sama  Ari  Ketua TPK Desa Cicadas menambahkan, Saluran /Drainase ini sarana memudahkan akses warga, Ari menyebut bahwa pembangunan Saluran Air/Drainase tujuannya untuk memperlancar yang awalnya jalan becek kalo musim hujan, agar supaya perekonomian masyarakat meningkat pesat.

“Semua proses pekerjaan pembangunan ini didanai dari program anggaran dana Samisade dan dikerjakan secara swakelola masyarakat Desa Cicadas .”imbuhnya.

Lanjut Sekdes Cicadas,M Ijad Sudrajat, pihaknya menghimbau warga masyarakat sekitar Irigasi Saluran Air, khususnya RW. 012, jangan membuang sampah di saluran Air, sehingga tidak menjadi penyebab musibah banjir di area tersebut.

Begitu juga warga masyarakat pengguna jalan, khususnya di lingkungan RW. 012, di harapkan dapat menjaga sarana infrastruktur jalan desa itu, supaya tetap utuh dan tahan lama, pungkasnya. (Teddy )

Loading