Selasa, Mei 28, 2024
Bogor

Siswa Baru SMPN 3 Gunung Sindur Ikuti MPLS

Kab. Bogor | Lensa Expose.com

Sedikitnya 360 siswa baru di SMP Negeri 3 Gunungsindur kabupaten Bogor beralamat di desa Rawakalong mengikuti MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah).

Sunardi.S. Pd kepada wartawan media online mengatakan bahwa siswa yang diterima di sekolah ini melalui seleksi beberapa tahapan yaitu jalur afirmasi, zonasi, prestasi akademik, prestasi non akademik, Senin (17/07/2023).

Dikatakannya siswa baru diperkenalkan dengan lingkungan sekolah, seperti tentang tempat pembuangan sampah di lingkungan sekolah, ada sampah organik dan non organik artinya buanglah sampah pada tempatnya supaya para siswa tahu mereka ditempat yang baru di sekolah SMP bukan lagi di lingkungan SD dimana mereka belajar selama ini, terang Sunardi. S.Pd. selaku pemberi Materi Wawasan Wiyata Mandala saat ditemui media ini.

Sementara pemateri lainnya dengan tata tertib akan disampaikan oleh Dewi, menyusul pemateri pendidikan karakter dan tata krama siswa akan disampaikan oleh Salami, selaku kepala sekolah pemateri berikutnya tentang kurikulum merdeka oleh Maesaroh, materi belajar efektif akan disampaikan oleh Ujang R. Serta pemateri tentang ekskul oleh Heni.

Dari pantauan wartawan dalam kegiatan hari pertama MPLS disekolah itu para siswa sangat antusias mengikuti para pemateri karakter dan tata karma, mereka membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

Kegiatan Pengenalan Warga Sekolah

Kegiatan pengenalan visi-misi, program, kegiatan, cara belajar, dan tata tertib sekolah serta kegiatan pengenalan fasilitas sarana dan prasarana sekolah dengan memegang prinsip persamaan hak seluruh siswa, pengenalan stakeholders sekolah lainnya. ” MPLS akan diselenggarakan selama tiga hari dan untuk hari pertama diisi tiga pemateri dilaksanakan secara berkesinambungan, “papar Sunardi. S. Pd

Masa pengenalan lingkungan sekolah apa saja akan dipaparkan oleh pemateri misalkan pengenalan tata cara dan etika makan, tata cara penggunaan fasilitas toilet, dan tata cara berpakaian/sepatu, mengajak siswa berkeliling ke seluruh area sekolah, sambil menjelaskan setiap fasilitas, sarana, dan prasarana yang terdapat di sekolah serta kegunaannya, menginformasikan fasilitas-fasilitas umum di sekitar sekolah, menginformasikan kewajiban pemeliharaan fasilitas dan sarana prasarana sekolah dan fasilitas-fasilitas umum,

Kegiatan simulasi penanggulangan bencana, menginformasikan daerah rawan di sekitar sekolah, kegiatan pengenalan manfaat dan dampak teknologi informasi, termasuk sanksi yang diatur dalam peraturan perundang undangan terkait. Tujuan  Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru (Ry/Zul)

Loading