Rabu, Mei 1, 2024
DaerahJawa BaratPemerintahanSukabumi

Tingkatkan Perekonomian Warga, Pemdes Cikarang Realisasikan DD Tahap II

Sukabumi, Lensaexpose.com – Desa Cikarang Kecamatan Jampangkulon Kabupaten Sukabumi, merealisasikan Dana Desa (DD) tahap ke II Tahun 2023 yang dialokasikan rehabilitasi pengaspalan jalan lingkungan (jaling) di Kp Karangbolong dengan volume P 600 m x L 2,5 m.

Adapun jumlah anggaran yang alokasikan ke giat tersebut sebesar Rp. 187.250.000, yang dilaksanakan oleh PPKD Desa Cikarang yang terpantau awak media pada, Jum’at (30/06/2023) pekerjaannya sudah selesai 100% dilaksanakan.

Menurut Kepala Desa Cikarang Asep yudis yang didampingi Hilman budiansyah selaku ketua PPKD Desa Cikarang menjelaskan, untuk tahun 2023 Dana Desa (DD) pihaknya memprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur jalan lingkungan yang ada di wilayah Desa Cikarang.

“Termasuk ditahap ke dua kita rampungkan pembangunan jalan kp Karangbolong sampai Kp Kalapanunggal yang mana jalan ini merupakan jalan aset untuk menghidupkan roda transfortasi bagi warga kami khususnya, menunjang di segi ekonomi, pendidikan, pelayanan dan kesehatan,” ujar Asep Yudis.

Kata Asep, jalan tersebut lebih banyak digunakan oleh warga Desa Cikarang maupun warga desa yang lainnya, karena jalan ini sangat aktif dilalui kendaraan karena posisinya jalan alternatif menuju Kota ataupun ke sentral Pemerintahan menuju Kecamatan Jampangkulon.

“Maupun sebaliknya digunakan oleh para pengguna jalan alternatif menuju jampangkulon Karanganyar,puncak buluh mataram yang nembus ke Kecamatan lengkong menuju kota dan kabupaten sukabumi,” jelas Asep yudis.

Lain halnya dengan Nandi Sunandi, selaku pendamping Desa Cikarang yang ditugaskan oleh kementrian Desa menyampaikan saat dikonfirmasi awak media ini diwaktu yang bersamaan, menjelaskan bahwa dirinya ditugaskan dari Kementrian Desa, untuk memantau semua program anggaran dan kegiatan yang masuk ke Desa yang bersumber anggaran dari Dana Desa (DD).

“Sejauh ini yang terpantau Desa Cikarang cukup bagus, mulai dari perencanaa n, pelaksanaan, pelaporan dan penataan usaha berjalan dengan baik. Karena etos kerja setiap perangkat cukup bagus dalam kedisplinan kerja tepat waktu dan tanggung jawab tupoksinya masing-masing.

Saya berikan apresiasi yang tinggi walaupun sudah bagus tapi kinerjanya terus ditingkatkan karena status Desa cikarang dari Desa berkembang sekarang sudah menjadi Desa Maju, berarti ada peningkatan kinerja dan mutu pemerintahan baik Indeks Sumber Daya Manusianya (ISDM) yang meningkat.

Karena untuk mengelola Dana Desa yang sangat besar jumlah anggarannya dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan berkualitas,” jelas Nandi Sunandi selaku pendamping Desa Cikarang. (Very)

Loading