Senin, Juni 24, 2024
DaerahKesehatanPemerintahanTanjungbalai

Peringati HANI Tahun 2023, BNNK Tanjungbalai Gelar Gerak Jalan dan Pencanangan Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba)

Tanjungbalai,Lensaexpose.com – Dalam Rangka Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2023, BNNK Tanjungbalai menggelar Gerak Jalan dan Pencanangan Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba).

Acara itu dipusatkan di depan Masjid H. Zulkifli Amsar Batu-bara Jln Lingkar Kelurahan Pematang Pasir Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai pada, Senin (26 Juni 2023).

Kegiatan Dihadiri Oleh:Walikota Tanjungbalai, H. Waris Thalib. S.Ag, M.M, Kepala BNNK Tanjungbalai. Hendrik Pahala Marbun. S.E, M.M Mewakili Dandim. 0208 Asahan. Danramil 08/PB. Kapten. ARM. EdiYantho.

Mewakili Danlanal TBA. Paur Intel Lanal TBA. Letda Laut (S) Nowo Kriswanto, Mewakili Kapolres Tanjungbalai, Kapolsek Teluk Nibung,  AKP. Sisbudianto, Mewakili Ketua Pengadilan Negeri Tanjungbalai, Irwan Santoso. S.T Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Wawan Anjaryono. S.H Panitera Pengadilan Agama. Eddy Sumardi. S.AgKapolsek Sei-tualang Raso. IPTU. AR. Rambe.

Kemudian Camat Sei-Tuang Raso Maria Santifa,  S.E, M.AP Camat Teluk Nibung, Muhammad Ali. S.E, M.AP Lurah se-Kecamatan Sei-Tualang Raso dan Lurah Se-Kecamatan Teluk Nibung dan Ketua Gerakan Anti Narkotika Nasional (GANN) Kota Tanjungbalai. Nova Sari Ginting. S.H.

Giat itu juga diikuti sekitar 250 orang yang terdiri dari Siswa-siswi SMA Negeri 4 Tanjungbalai,  Siswa-siswi SMK Negeri 2 Tanjungbalai, Siswa-siswi SMP Negeri 6, Siswa-siswi SMP Negeri 7 Tanjungbalai, Khawatir Pramuka, Siswa-siswi Yayasan Madrasah Tsanawiyah Pendidikan Islam (YPMPI) Kota Tanjungbalai, para ASN Puskesmas Sei-Tuang Raso dan Puskesmas Sipori-pori, para ASN Kelurahan dan ASN Kecamatan Teluk Nibung, para Kepala Lingkungan se-Kecamatan Sei-Tuang Raso dan Para Kepala Lingkungan se-Kecamatan Teluk Nibung.

Foto: Walikota Tanjungbalai H. Waris Thalib

Sekitar Pukul 08.10 WIB Walikota Tanjungbalai bersama forkopimda Tanjungbalai melepas para peserta gerak jalan dan pencanangan kelurahan bersinar (Bersih Narkoba) .

Kepala BNNK Tanjungbalai, Hendrik Pahala Marbun. S.E, M.AP menyampaikan hormat saya kepada bapak Walikota Tanjungbalai beserta forkopimda Tanjungbalai, camat, lurah, kepala lingkungan, para peserta siswa-siswi SMP, SMA, kota Tanjungbalai dan seluruh yang hadir pada kegiatan ini.

“Kita dapat melaksanakan perayaan puncak peringatan hari anti narkotika internasional (HANI) di tahun 2023 dan sekaligus pencanangan kelurahan bersih narkoba (Bersinar) peringatan hari anti narkotika Internasional (HANI) di tahun 2023 diperingati oleh negara negara di dunia pada tanggal 26 juni setiap tahunnya untuk memperkuat aksi dan kerja sama dalam mencapai dunia yang bebas dari penyalahgunaan Narkotika.

Peringatan HANI juga dilakukan sebagai bentuk keprihatinan dunia terhadap korban penyalahgunaan narkotika sekaligus wujud perlawanan terhadap salah satu kejahatan luar biasa yang menjadi tantangan negara-negara di seluruh dunia, peringkat HANI menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran akan masalah utama yang di timbulkan oleh narkotika,” ujarnya.

Puncak peringatan HANI 2023 akan dilakukan oleh BNN RI bersama dengan seluruh elemen bangsa serta perwakilan negara negara sahabat di garuda Wisnu kencana.

Pada kesempatan ini BNN RI sebagai leading institution dalam Pencegahan dan pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran gelap Narkotika (P4GN) mengajak seluruh masyarakat dan dunia untuk bersama-sama melakukan aksi nyata dalam perang melawan narkotika guna mewujudkan cita-cita bersama yaitu Indonesia bersinar (Bersih Narkoba).

Adapun terlaksana nya seluruh kegiatan ini berkat dukungan dan kerjasama antara BNN dengan pemerintah kota Tanjungbalai, forkopimda, mitra BNNK Tanjungbalai, seperti BRI cabang Tanjungbalai, BSI cabang Tanjungbalai panti rehabilitasi ATC, panti rehabilitasi amanah, perangkat camat Sei-Tualang Raso, perangkat camat teluk nibung, lurah, kepala lingkungan dunia usaha/swasta dan seluruh masyarakat kota Tanjungbalai.

Program kelurahan bersinar narkoba (Bersinar) merupakan program prioritas nasional adapun yang menjadi target kelurahan bersinar di kota Tanjungbalai tahun 2023 ini adalah kelurahan pasar baru dan kelurahan sei-Merbau.

Setelah usai pencanangan di harapkan kepada seluruh stakeholder agar tetap melaksanakan program-program berbasis anti narkoba di kelurahan yang sudah di canangkan ini, seperti melaksanakan himbauan anti narkoba Melalui kegiatan masyarakat seperti kegiatan keagamaan gotong-royong atau pun kegiatan olahraga.

Pada tahun 2023 HANI mengusung tema Internasional “People Firtlst: Stop Stigma and Discrimination, Strengthen Prevention”, sedangkan tema Nasional HANI adalah: “Akselerasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersinar”

Pembacaan Ikrar dan Pelantikan Pengiat Pencanangan Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) Tahun 2023 Sekaligus Pemberian Cendera Oleh Walikota Tanjungbalai.

Dalam sambutannya Walikota Tanjungbalai, H. Waris Thalib. S.Ag, M.M menyampaikan terima kasihnya kepada para perwakilan forkopimda Tanjungbalai, Camat Teluk Nibung, Camat Sei-tualang Raso, Lurah, ketua GANN Tanjungbalai, kepala lingkungan dan terima kasih kepada para siswa-siswi kita yang sudah berpartisipasi untuk hadir dalam kegiatan ini.

“Sesuai dengan lagu Mars BNN yang sudah kita laksanakan, bahwa narkoba ini adalah musuh negara, musuh kita bersama, tentu nya kita yang berhadir pada hari ini sepakat untuk memusnahkan narkoba khusus nya di kota Tanjungbalai.

Pada hari ini Pemerintah kota Tanjungbalai bersama forkopimda Tanjungbalai sudah meresmikan pencanangan Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) di kecamatan teluk Nibung, kita berharap kepada Penggiat yang baru saja di Lantik, agar dapat bekerja dengan baik untuk memerangi narkoba, khusus nya di kota Tanjungbalai.

“Perlu kita ketahui bersama bahwa saat ini siswa-siswi sekolah kita sudah ada yang memakai narkoba bahkan menjual narkoba, ini adalah perhatial.n khusus buat kita semua, mari kita selamat kan generasi muda dan anak-anak kita dari bahaya nya narkoba.

Atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Tanjungbalai mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda Tanjungbalai dan instansi vertikal yang sudah berpartisipasi dalam acara ini,” tutupnya. (A Fazari)

Loading