Sabtu, Mei 25, 2024
BogorJawa Barat

Ibu Ibu dari Sahabat Bakti Sosial Gelar Sunatan Massal di Bekang Cibinong

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Kumpulan ibu ibu yang peduli sosial yang diberi nama Sahabat Bakti Sosial menggelar acara khitanan massal di komplek perumahan TNI Bekang, kecamatan Cibinong. Acara ini dalam rangka kepedulian sosial terhadap masyarakat.

“Acara tersebut bertujuan sebagai wujud kepedulian sosial kepada masyarakat sekaligus mewujudkan hidup sehat dan sesuai dengan ajaran agama Islam. “Dari Abu Hurairah ra., rasulullah saw., bersabda : “Khitan adalah sunnah bagi laki-laki dan sesuatu yang mulia bagi anak perempuan”. (HR. Ahmad dan al-Baihaqy),” ujar Bu Warsinah ketua panitia didampingi bu Wida, Minggu (25/6/2023).

Acara ini dilaksanakan di kediaman bapak Rasyidin Rasyid atau lebih akrab dipanggil Pak Robert. Acara khitanan massal ini diikuti sebanyak 108 peserta yang berasal dari warga setempat, wilayah Citeureup dan dari Bogor dengan usia rata rata 6 tahun.

Acara sunatan massal ini sudah yang ketiga kalinya dilaksakan dimana yang kedua dilaksanakan pada bulan Desember 2022 dan diharapkan dapat secara rutin digelar setahun dua kali. Acara ini digelar berkat kepedulian ibu ibu dari sahabat ibu ibu, bantuan pribadi dan hasil penjualan bazar yang dilakukan ibu ibu setiap ada kegiatan.

“Kita tidak mengajukan proposal bantuan ke siapapun dan dananya kita peroleh dari sahabat ibu ibu, bantuan pribadi yang ada di group Sahabat Bakti Sosial dan Sahabat Taman Syurga. Dan yang paling banyak memberikan donasi itu dari hasil penjualan bazar pakaian dan barang barang rumah tangga yang dilakukan ibu ibu dimana ibu ibu yang memiliki barang barang yang tidak dipakai dan masih baru diberikan kepada tim dan kemudian ketika ada bazar, ibu ibu ikut acara tersebut dan seluruh hasil penjualannya diserahkan ke bagian pengumpul dana,” ujar ketua panita.

Sekilas informasi dari ibu ibu yang bergabung di group Sahabat Bakti Sosial dan Sahabat Taman Syurga ini adalah mereka memiliki usaha di Pasar Cibinong, ada yang pegawai negeri dan ada yang bidan. Dari Ibu ibu yang berbelanja tersebut menjalin komunikasi antar sesama dan muncullah ide untuk membantu mereka mereka yang perlu mendapatkan bantuan dengan cara partisipasi menyisihkan rezekinya untuk peduli sosial.

“Kegiatan kegiatan sosial tersebut terus berjalan dan kemudian timbul ide lain untuk mengumpulkan barang barang dirumah yang tidak dipakai dan masih layak untuk dijual dengan harga seadanya dan dari hasil penjualan tersebut dananya diserahkan ke bagian pengumpul dana baru kemudian disalurkan kepada mereka yang memang sangat membutuhkan,”ujar Bu Wida.

Kemudian kata bu Wida muncul ide lain untuk melaksanakan sunatan masal dan ibu ibu setuju lalu dibuatlah tim untuk mengetahui berapa besaran dana sunat per orang. Setelah didapat biaya sunat per orang baru kemudian di dalam group disampaikan siapa yang mau membantu untuk membiayai biaya sunat per orang tersebut.

“Ada yang sanggup untuk membiayai dua orang dan ada yang sanggup untuk membiayai satu orang atau ada juga yang mau membiayai satu orang peserta sunat dibiayai oleh dua orang dan bahkan tiga orang ibu ibu. Dan semua yang kita lakukan ini adalah ikhlas karena Allah dan hanya mengharap Ridho Allah, tidak mengharap pujian dari masyarakat. Semua yang ibu ibu lakukan ini hanya mengharap Ridho Allah semata mata,” ungkap Ibu Ibu.

Artis Eva Arnaz yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa kedatangannya merupakan undangan dari ibu Wida yang merupakan teman dari anaknya. Kegiatan ini sangat bermanfaat buat mereka yang membutuhkan apalagi ini kegiatan yang peduli kepada sesama. Sebelum acara dimulai, diadakan lomba menggambar kepada anak anak dan di lingkungan ini terlihat keakraban dari warga masyarakatnya yang mendukung kegiatan ini.

“Saya selalu diundang bu Wida dalam setiap kegiatan sosial dan saya hadir disini ikut berpartisipasi untuk suksesnya acara sunatan massal. Semoga apa yang dilakukan ibu ibu disini mendapatkan Ridho Allah. Saya berdoa semoga kegiatan kegiatan sosial seperti ini terus bisa dilaksanakan dan dilakukan secara ikhlas tidak mengharap pamrih dan hanya mengharap Ridho Allah semata mata,” ujar Bu Eva Arnaz. (Irfan Lubis)

Loading