Wali Kota Tanjungbalai Buka Workshop Pelajar SMP dan SMA Sederajat Sekota Tanjungbalai

Tanjungbalai | Lensaexpose.com

Wali Kota Tanjungbalai, Waris Tholib membuka Workshop Pelajar SMP dan SMA sederajat Kota Tanjungbalai yang diinisiasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tanjungbalai bertempat di Aula Raja Bahagia Resto, Jalan Jamin Ginting, Sabtu kemarin (10 September 2022).

Workshop yang mengangkat tema “Edukasi UU ITE bersama PWI menuju Tanjungbalai Smart City” diikuti 45 pelajar dari tingkat SMP dan SMA sederajat.

Plt Ketua PWI Kota Tanjungbalai Saufi Simangunsong menyampaikan Kegiatan Workshop ini adalah bagian dari bentuk pengabdian dan keikutsertaan PWI Tanjungbalai dalam mendukung program Pemerintah dalam memberikan edukasi bagi masyarakat dalam hal ini para pelajar agar lebih bijak lagi mengerti tentang pentingnya Media Sosial dan pemahaman UU ITE dalam mewujudkan Tanjungbalai Smart City.

Saufi juga mengajak para peserta untuk lebih aktif dalam mengembangkan kreatifitas bermedia sosial, dia juga mengajak para peserta workshop untuk aktif mengikuti kegiatan ini karena nantinya akan dilakukan lomba dalam memberikan tanggapan dan kesimpulan terkait kegiatan workshop ini.

“Nantinya para peserta akan mendapatkan hadiah, seluruh jawaban dapat di posting di akun resmi PWI Tanjungbalai dan pengumuman pemenang diumumkan Minggu depan di aku PWI Tanjungbalai,” ujarnya.

PWI Sumut yang diwakili Wakil Ketua Bidang Kelembagaan dan Hubungan Daerah Yan Aswika menyampaikan Program kerja PWI Sumut salah satunya adalah pemenuhan peningkatan SDM Wartawan. PWI mendorong agar Pemkot Tanjungbalai melaksanakan kegiatan peningkatan SDM Wartawan dan legalitas kewartawanan.

“Terkait Edukasi UU ITE, Kalau dulu ada istilah mulutmu itu Adalah harimaumu kalau sekarang tidak, jempolmu itu adalah harimaumu. Untuk itu, bijaklah bermedsos dan mari kita dukung pencanangan Tanjungbalai menuju smart city, jangan hanya kotanya aja yang pintar tetapi masyarakatnya pun harus bisa pintar,” sebutnya.

Dalam bimbingan dan arahannya, Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib menyampaikan Wajiblah kita menjadi masyarakat yang cerdas karena ITE saat ini perkembangannya sangat meningkat tinggi.

“Apalagi untuk anak-anak kita saat ini harus juga cerdas karena semuanya sudah pakai digital dan aplikasi mau tidak mau kami Pemkot Tanjungbalai mendukung kegiatan ini dan kami juga di pemerintahan mengharuskan kepada para ASN juga harus cerdas dan harus bisa menggunakan kegiatan Kantor lewat Handphone atau digitalisasi,” sebutnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PWI Tanjungbalai yang telah melaksanakan kegiatan ini, apalagi kegiatan yang dilaksanakan saat ini berdampak positif bagi para pelajar generasi penerus bangsa agar lebih cermat dan tepat bermedsos,” harapnya

“Memang merupakan suatu keharusan menjadikan anak anak kita harus cerdas dari segi aspek manapun. Untuk itu saya berharap anak anak kami untuk lebih kreatif dan inovatif dalam bermedsos, jangan menggunakan medsos untuk hal yang tidak perlu tapi gunakan secara positif dan lebih bermanfaat,” pungkasnya.

Kegiatan Workshop diisi oleh narasumber diantaranya Kapolres Tanjungbalai AKBP Ahmad Yusuf Afandi tentang sanksi dan jerat hukum UU ITE bagi pengguna Media Sosial di era digitalisasi, PWI Sumut Dr Fakhrur Rozi menyampaikan Peran pelajar/generasi muda di era digitalisasi dan Junianto Dedy Simorangkir dari Diskominfo Tanjungbalai menyampaikan paparan terkait Apa itu Media Sosial dan kaitannya dengan UU ITE menuju Tanjungbalai Smart City di era digitalisasi.

Turut hadir dalam acara tersebut mewakili Dandim 0208 AS Kapten Arm Ediyanto (Danramil 08/PB), Kejari Kota Tanjungbalai Asahan Rufina Br Ginting, mewakili Ketua PWI Sumut Yan Aswika, Plt PWI Tanjungbalai Saufi Simangunsong, Ketua Seksi Media siber dan Multimedia PWI Sumut Dr Fakhrur Rozi. (A Fazari)

 45 total views,  1 views today