Kamis, Maret 28, 2024
Ekonomi BisnisJawa Tengah

Museum Balai Kirti Mengadakan Pameran  “Aroma Kopi @ Balai Kirti”

Bogor, Lensa Expose.com

Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti menyelenggarakan pameran kopi yang mengusung tema “Aroma Kopi @ Balai Kirti” pada tanggal 30-31 Agustus 2022. Pameran yang diselenggarakan oleh Museum Kepresidenan RI Balai Kirti bekerjasama dengan sejumlah pihak, antara lain: Museum Tanah dan Pertanian Bogor, Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia, Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Dinas Pendidikan Kota Bogor, Kopi Kacamata Bogor, Kopi Bajaj, Jakarta Coffee Learning, Irawan Halim-R.E.D Systema, Suji Premium Handcrafted, Teh Tirta Ayu Jawa Timur, Puslitkoka, serta seniman pelukis kopi. Rangkaian acara dalam pameran kopi terdiri dari lomba manual fun brewing, demo dan workshop menyeduh kopi yang tepat, live music, penampilan tari dari SMPN 7 Kota Bogor, demo latte art, lukis dan sketsa menggunakan kopi, hingga seminar dan talkshow.

Talkshow diselenggarakan sebanyak dua kali, dimana talkshow pertama mengusung tema “Kopi Sebagai Gaya Hidup” sedangkan untuk talkshow kedua mengususng tema “Sejarah Kopi Indonesia”. Talkshow pada tanggal 30 Agustus 2022 menghadirkan tiga narasumber, yakni Erwin Wicaksono (Kepala Istana Kepresidenan Bogor), Puti Guntur Soekarno (perwakilan keluarga Presiden), dan Daroe Handojo (Juragan Noozkav Kopi Indonesia CQI-Arabica Grader), yang didampingi oleh M. Ryan Ramadhan (Duta Kopi Indonesia 2018) serta Rana Saphiera Putri (Duta Kopi Indonesia 2020). Selain talkshow, terdapat seminar yang dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2022, mengusung tema “Semerbak Kopi Nusantara” yang menghadirkan empat narasumber, yakni Andreas Maryoto (Jurnalis Senior Kompas), Tuti Hasanah Mochtar (Boaed Of Trustee SCAI), Ervina Chandra (Purna Kepala Bagian Jamuan Istana Kepresidenan Jakarta), dan Adila Amalia Irvan (Finalis Puteri Indonesia 2022). Acara seminar dibuka oleh Restu Gunawan selaku Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Dalam acara pameran kopi yang diselenggarakan oleh Museum Kepresidenan RI Balai Kirti juga terdapat infografis mengenai sejarah budaya kopi di dunia serta galeri foto presiden dan kopi. Dalam galeri foto presiden dan kopi terdapat informasi seputar kebiasaan “ngopi” para presiden, mulai Soekarno, Soeharto, B.J. Habibie, Gus Dur, Megawati Soekarnoputri, hingga Susilo Bambang Yudhoyono.

Pameran kopi yang bertajuk “Aroma Kopi @ Balai Kirti” ini sesuai dengan program kerja Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti terkait dengan peningkatan partisipasi masyarakat dalam optimalisasi peran museum sebagai sarana penelitian, pendidikan dan hiburan. Hal ini sejalan dengan fungsi Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti sebagai wahana rekreasi dan edukasi untuk memperoleh informasi dari sajian memorabilia serta visual dari para Presiden Indonesia, sehingga pengunjung bisa menghayati, mengapresiasi, dan meneladani jejak langkah serta prestasi yang telah dicapai oleh masing-masing Presiden Republik Indonesia selama masa baktinya. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk mendukung Indonesia tema kemerdekaan tahun ini agar “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” sekaligus meningkatkan ide kreatifitas yang dapat bermanfaat bagi para pelaku maupun pegiat kopi serta para pelaku maupun pegiat seni budaya di negeri ini.

Bogor, 30 Agustus 2022
Museum Kepresidenan RI Balai Kirti
Direktorat Jenderal Kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Loading