Kelompok Pembudidaya Ikan Merasa Puas Terpenuhi Berdialog Dengan Pemkab Beltim

Belitung Timur, Lensa Expose.com

Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Kabupaten Belitung Timur mengaku puas saat Dialog Audiensi antara Pemkab Beltim dengan masyarakat dan komunitas. Berbagai permintaan dan masukan dari Pokdakan mendapat tanggapan positif dari Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar serta pejabat dinas terkait.

Dalam Dialog Audiensi yang berlangsung di Sekretariat Pokdakan “Usaha Mandiri” Jalan Cemang, RT 014, Dusun Baru Desa Gantung, puluhan pembudidaya ikan air tawar dan asin yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Beltim mengusulkan tersedianya bibit ikan yang berkualitas, pendidikan dan pelatihan bagi pembudidaya, pakan ikan yang terjangkau hingga akses jalan ke lokasi tambak.

“Alhamdulillah, sangat memuaskan. Mudah-mudahan bukan hanya sekedar dialog,” kata Ketua Pokdakan Usaha Mandiri, Jemadi, Selasa (30/8/22),

Madok sapaan akrab Jemadi (52) dalam dialog sempat meminta agar Pemkab Beltim melalui Dinas terkait dapat memberikan pelatihan serta pendampingan untuk pembudidaya. Mereka juga meminta agar akses jalan ke lokasi tambak dapat segera diaspal.

Dengan adanya forum seperti ini, pemerintah turun langsung melihat kondisi kami, mendengarkan keluhan kami, kami berharap permintaan dan masukan kami dapat direaliasikan,” harap Madok.

Sementara itu Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar menyatakan segala masukan, kritikan, dan permintaan para pembudidaya semuanya untuk kepentingan bersama. Melalui Dinas teknis terkait, Khairil sudah menginstruksikan agar segera ditindaklanjuti.

Saran dan masukan mereka ini sangat baik untuk pemerintah daerah. Insyallah kita melalui dinas teknis sudah kita catat untuk terus kita tindak lanjuti,” kata Khairil.

Mantan Camat Gantung itu juga menyarakan agar para Kepala Desa dan Camat, yang juga ikut hadir, untuk ikut fokus membantu mewujudkan usulan pembangunan. Usulan dapat dibawa pada pelaksanaan Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa, Kecamatan hingga ke Kabupaten.

Dalam Musrenbang itu jangan terlalu banyak usulan, tapi fokus mengena ke permasalahan di lapangan. Soalnya tanpa mekanisme Musrenbang dak bisa langsung terwujud,” ujar Khairil.

Dialog Audiensi yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Beltim ini diikuti oleh Pokdakan dari berbagai kecamatan. Turut hadir Sekda Kabupaten Beltim Ikhwan Fachrozi, Forkopimda Beltim hingga kepala OPD terkait. (Tomy)

 52 total views,  1 views today