Manfaatkan Bantuan Pemprov Jawa Barat, 20 Unit Rutilahu Warga Desa Situsari Kec. Cileungsi Direhab

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Pemeritah Desa Situsari Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor saat ini tengah membangun 20 Unit Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU). Perbaikan Rutilahu tersebut menggunakan Dana Bantuan Provinsi Jawa Barat Sebesar Rp 400.000.000 Anggaran tahun 2020, dana tersebut dibagikan untuk 20 Unit Rumah dan setiap rumah menerima sebear Rp 20.000.000.

Hal tersebut dibenarkan oleh ketua LPM Desa Situsari H Samsudin; “Tahun 2022 ini mendapatkan bantuan Rutilahu dari Provinsi, salah satunya untuk Warga Desa Situsari sebanyak 20 unit, ketersediaan anggaran terbatas ini yaitu sekitar Rp 20 juta per unit, yang dibagi untuk biaya material sebesar Rp17,5 juta dan biaya ongkos kerja sebesar Rp 2 juta dan biaya admin 500 ribu rupiah.

Meski hanya Rp 20 juta per unit, Kami akan maksimalkan anggaran tersebut dan tetap berupaya agar rumah masyarakat menjadi layak huni dan sampai saat ini bangunan tersebut bisa dibilang bervariatif ada yang sudah selesai dan ada juga baru mencapa 70 hingga 80 persen. ssalah satu penerima Rutilahu ialah Pak Jasan Kp Karet Rt 02/02,” jelasnya, Minggu (28/08/2022)

Samsudin menambahkan, Rutilahu ini adalah program yang sifatnya perbaikan parsial. Artinya, jika yang bermasalah dinding maka yang akan diperbaiki adalah dindingnya. Namun, yang pertama adalah menentukan prioritas perbaikan.

“Misalnya prioritasnya ke atap ya ke atap, kemudian jika atap masih bisa menggunakan material yang ada maka digunakan material yang ada. Jadi dengan Rp20 juta bisa maksimal perbaikan rumah itu, meskipun butuhnya ada yang lebih dari itu, makanya namanya bantuan stimulan, harus ada peran masyarakat, warga sekitar tetangga.

Rumah yang diusulkan untuk memperoleh bantuan, harus memenuhi syarat untuk dibangun misalnya kepemilikan lahan, luas lahan, kondisi lahannya jangan sampai berada di daerah rawan bencana.

“Jadi yang paling penting tugas kami memastikan rumah yang sudah ada, diantaranya, milik masyarakat atau milik pribadi, di dalam batas minimal, jadi layak atau tidak-nya, ada yang bocor atau tidak, apa dindingnya layak, lantainya layak tidak dari tanah, apa ada air bersih atau ada saluran,

Kami Atas nama Pemerintah Desa Situsari mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bogor terutama Kepada Gubernur Jawa Barat, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat dan semua pihak yang memungkinkan terealisasinya Bansos Rutilahu untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah di Wilayah Desa Situsari. “Diharapkan tahun depan diadakan kembali pembangunan bantuan sosial Rutilahu di Wilayah Kabupaten Bogor, agar masyarakat memiliki rumah yang  memenuhi syarat untuk dikategorikan layak huni,” ucapnya. LPM, tegas. (Hadri Andriansyah)

 95 total views,  3 views today