Bupati Garut Resmikan Eduwisata Perlebahan Gunung Guntur Desa Pasawahan

GARUT, Lensaexpose.com – Bupati Garut, Rudy Gunawan meresmikan Eduwisata Perlebahan Gunung Guntur yang berlokasi di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa-Barat, Rabu (31/8/2022).

Tempat Eduwisata ini merupakan salah satu bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dari PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Unit Induk Distribusi Jawa Barat yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, dan Yayasan Pengembangan Petani Muda Perlebahan.

Bupati Garut menyambut baik bantuan dari PT. PLN Persero Unit Induk Distribusi Jawa Barat melalui program TJSL Eduwisata Perlebahan Gunung Guntur. Menurutnya, Gunung Guntur memiliki kawasan yang strategis di mana terdapat jalan by pass yaitu Jalan Ibrahim Ajie, yang tentu harus dijaga kelestariannya.

“Saya ucapkan terima kasih karena ada BUMN yang peduli terhadap ini, ya ini ada kolaborasi dana desa ataupun dari bantuan bupati untuk menambah 100 lagi tempat, yang penting makanannya ada, ini adalah kaliandra,” kata Rudy Gunawan.

Lanjut Rudy, Ia mengungkapkan, jika terdapat banyak daerah di Kabupaten Garut yang dijadikan eduwisata perlebahan maka ini bisa menjadi bisnis yang nantinya bisa dikelola oleh Kelompok Wanita Tani (KWT).

Ia menegaskan, kualitas madu yang berasal dari perlebahan Gunung Guntur memiliki kualitas yang lebih bagus daripada madu pada umumnya.

“Tapi ingat ya, tolong disebarkan jadi hasil madu dari Gunung Guntur itu beda dari hasil madu yang lain, yang dari Gunung Guntur itu karena vulkanik menghasilkan madu yang berkualitas untuk ketahanan pria. Jadi obat kuat bagi pria, itu madu dari Gunung Guntur karena makanannya kaliandra bukan bunga,” ujar Bupati Garut.

Sementara itu, General Manager PT. PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Agung Nugraha menuturkan, pihaknya mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab Garut yang telah bekerja sama dengan pihaknya, guna mengembangkan Program Eduwisata Perlebahan Gunung Guntur di Desa Pasawahan ini.

“Garut merupakan salah satu daerah Provinsi Jawa Barat yang merupakan daerah kerja PLN Distribusi Jawa Barat yang memang memiliki keindahan alam yang sangat berpotensi untuk mengembangkan berbagai lokasi wisata, ” tuturnya.

Meski demikian, Ia memaparkan, Dengan hadirnya Eduwisata Perlebahan yang dibangun melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN, dirinya berharap wisata ini bisa menunjang kelestarian kawasan konservasi cagar alam Gunung Guntur, juga dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan sosial serta perlindungan lingkungan hidup bagi masyarakat sekitar.

“Kami juga berharap melalui program bantuan ini para petani lebah, penggiat pariwisata, UMKM semakin maju dan mampu bersaing dalam hal produksinya. Diharapkan juga desa wisata ini dapat menjadi lokasi destinasi wisata yang baru dan menjadi tujuan wisata baru di wilayah Kabupaten Garut, ” papar Agung Nugraha. ** (Suwito)

 72 total views,  1 views today