Kamis, April 18, 2024
DaerahPemerintahanPendidikan

Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Garut Gelar Upacara Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022

GARUT, Lensa Expose.Com – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut menggelar Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61 Tingkat Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Lapangan Oto Iskandar Di Nata, Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa-Barat, Senin (29/8/22).

Bupati Garut juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Garut, Kak Rudy Gunawan, bertindak sebagai inspektur upacara yang dalam amanatnya menyampaikan amanat dari Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.

Namun, sebelum membacakan amanat tersebut, Kak Rudy sempat mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Pramuka ke-61, dan ia berpesan untuk menjadikan Dasadharma sebagai falsafah dalam kehidupan sehari-hari gerakan Pramuka Garut.

“Anak-anakku, ade-adeku para Pramuka, sebelum membacakan sambutan Ka Kwarnas, selaku Ka Mabicab mengucapakan selamat hari ulang tahun Pramuka yang ke-61, juga berpesan mari kita jadikan Dasadarma sebagai falsafah dalam kehidupan sehari-hari gerakan Pramuka Kabupaten Garut,” ujar Kak Rudy.

Ia berharap setiap anggota Pramuka Garut bisa menepati janji yang diucapkan melalui Dasadharma, khususnya bagi Pramuka siaga yang merupakan putra putri harapan bangsa pada generasi emas Indonesia di Tahun 2045.

“Dasadharma harus dipahami lahir dan batin, mampu dihafal, diamalkan dengan baik dan kita menjadi teladan, karena Dasadarma itu adalah kehidupan hakiki apalagi kita berada dalam satu situasi dimana kalian adalah generasi emas Indonesia di tahun 2045,” harap Rudy Gunawan.

Sementara, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, dalam amanat tertulis yang dibacakan Bupati Garut, menuturkan jika HUT Pramuka ke-61 kali ini mengusung tema “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”.

“Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang, pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam gerakan Pramuka, sejak usia Pramuka siaga, adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Garut juga selaku Ketua Kwarcab Garut, Kak dr. Helmi Budiman, mengatakan pelaksanaan HUT Pramuka ke-61 tingkat Kabupaten Garut kali ini dibatasi jumlahnya. Meski demikian, antusiasme peserta untuk mengikuti rangkaian peringatan hari pramuka tahun ini luar biasa.

“Kita batasi dululah karena kita kan masih level satu, kemudian juga walaupun dibatasi ternyata antusiasnya luar biasa, itu coba lihat anak-anak kita dari cerianya, dari luar biasanya terkurung karena Covid-19 sekarang bisa keluar,” katanya seusai Upacara Pelaksanaan HUT Pramuka ke-61 tingkat Kabupaten Garut.

Melalui tema yang diusung pada HUT Pramuka tahun ini, imbuh Kak dr. Helmi, Pramuka harus siap mengabdi untuk membangun bangsa.

“Jadi mau dimana pun, mau usia berapa pun, mau kapan pun dia harus mengabdi untuk membangun kekuatan bangsa nya, jadi memang pasca Covid ini perlu dipulihkan kembali, bukan hanya Covid-nya saja tetapi juga kehidupan termasuk dalam pramuka,” tandasnya.
** ( Suwito )

Loading