Kades Cileungsi Kidul Resmikan Gedung Posyandu Melati 14

Cileungsi | Detakmedia.com

Kades Cileungsi Kidul Rudi Sukarya SE, meresmikan bangunan Posyandu Melati 14 di lingkungan Kp Rawa Putat RW 08, Desa Cileungsi Kidul Kec. Cileungsi Kab Bogor, bertepatan dengan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), Rabu 24 Agustus 022.

Kepala Desa (Kades) Rudi Sukarya, sesaat pasca peresmian gedung posyandu kepada awak media menyampaikan bahwasanya ada 2 kegiatan hari ini yakni Pertama kegiatan peresmian Gedung posyandu melati XIV di lingkungan RW 14 Rawa Putat Dusun 4, dan yang kedua hari BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional).

“Saya Fokus pada warga di lingkungan Kp.Rawa Putat ini demi membantu pelayanan posyandu, dikarenakan selama ini belum mempunyai gedung posyandu. Melalui program ini saya juga ingin pelayanan posyandu lebih maksimal,” ujar Rudi yang didampingi Istrinya selaku TP PKK dan juga dihadiri Kader Posyandu, perangkat Desa, RT, RW, tokoh agama dan tokoh masyarakat dan warga sekitar.

Lanjut Rudi, dirinya saat memberikan kata sambutan mengatakan selama ini setiap pergantian RT ataupun RW, Posyandu berpindah-pindah tempatnya. Maka dengan adanya tempat yang sudah dibangun ini kedepannya siapapun RT ataupun RW nya posyandu itu tetap ada di lingkungan RW 08 Kp Rawa Putat.

Selain itu juga memberikan arahan untuk warga di Rawa Putat, dengan adanya kantor posyandu ini anak-anak dan juga orang tua agar datang ke posyandu pada saat anak-anaknya perlu melakukan imunisasi dan juga program tumbuh kembang mereka, seperti pemberian makanan tambahan dan lain-lain.

Sebagai informasi, Pemerintah saat ini juga tengah menggalakkan yang namanya pencegahan stunting. Ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi stunting tidak terjadi lagi di wilayah Desa Cileungsi Kidul.

“Harapan saya dengan adanya kantor Posyandu ini juga menjadi sebuah langkah awal di lingkungan Rawa Putat untuk membantu memaksimalkan pelayanan kepada warga,” ungkapnya.

Dalam situasi saat ini, kata Rudi, rawan begal dan maling saya sudah sampaikan ke warga. Tadi saya sudah memasang Wi-Fi di kantor posyandu dan juga akan dipasang CCTV yang akan di online kan ke Linmas desa.

“Jadi nanti bisa dipantau monitor di kantor desa setiap hari dan malam apa saja aktivitas di jalur yang di lewati oleh umum. Langkah seperti ini juga program yang dicanangkan oleh Desa Cileungsi Kidul yaitu ( SIDESI ) itu adalah sistem Informasi Desa Terintegrasi Desa Digital Cileungsi Kidul,” tutup Rudi.

Sementara itu Sekretaris Desa (Sekdes) Cileungsi Kidul, Dimas Anugerah, SE. menginformasikan bahwa pemanfaatan anggaran dari Dana Desa tahap 1 Th 2022 sebesar Rp 28 Jt untuk Pos pelayanan terpadu (Posyandu) ini menjadi salah satu harapan PemDes Cileungsi Kidul untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan membangun perekonomian pasca pandemi Covid-19.

Menurutnya Dimas, Posyandu merupakan jembatan dan mitra utama Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan di tingkat lingkungan warga.

“Peran Posyandu vital karena Kader Posyandu sebagai pelayan pada tingkat yang paling dasar yang memberikan dan pemantau pelayanan secara terpadu melalui kegiatan penimbangan bayi dan anak, pemberian makanan tambahan, pemberian oralit, pencegahan DB, pelayanan imunisasi, pemeriksaan kehamilan, pengobatan, serta pelayanan kesehatan ibu dan anak,” jelas Dimas. (Tom)

 59 total views,  2 views today