Jumat, April 19, 2024
NasionalParlemen

Forum Masyarakat Sunda Se Nusantara Nilai Ridwan Kamil Pantas Menjadi Capres Pada Pemilu 2024

Bandung, Lensa Expose.com

Banyak pihak menilai Ridwan Kamil dinilai lebih pantas menjadi calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 mendatang ketimbang sebagai calon wakil presiden (cawapres). Hal itu disampaikan saat pertemuan Forum Masyarakat Sunda se Nusantara yang dihadiri Ridwan Kamil dalam acara bertajuk “Sunda Ngahiji Jadi Kahiji,” yang berlangsung di Gedung Merdeka, Kota Bandung,  Minggu 21 Agustus 2022.

Masyarakat Sunda yang tergabung dalam Forum Masyarakat Sunda se Nusantara merestui pria yang akrab disapa Kang Emil maju sebagai calon presiden pada pesta demokrasi pemilihan presiden 2024 mendatang. Forum Masyarakat Sunda se Nusantara menilai Ridwan Kamil yang saat ini masih menjabat Gubernur Jawa Barat sebagai figur yang memenuhi syarat untuk memimpin Indonesia ke depan.

“Memang ada dukungan di 2024 dari Forum Masyarakat Sunda kepada saya pribadi. Tentunya hal-hal begini, aspirasi dari bawah, kalau ini menjadi bagian dari ikhtiar yang membukakan pintu, Insya Allah saya terima dan Bismillah,” kata Kang Emil.

Kendati demikian, Kang Emil menyadari restu ini tidak bisa langsung dilakukan, terlebih Kang Emil pun belum memastikan untuk maju sebagai Capres di 2024. Namun yang terpenting bagi Kang Emil, Forum Masyarakat Sunda se Nusantara bukan hanya sekedar membahas urusan politik. Namun lebih sebagai momentum untuk menyatukan masyarakat Sunda di Nusantara.

“Tapi kalaupun belum, tentu tidak ada masalah. Karena tujuan pembentukan ini bukan untuk politik, tapi sebagai momentum siapa kita di masa lalu, siapa kita di masa sekarang dan apa cita-cita kita di masa depan,” tutur Kang Emil.

Pembentukan Forum Masyarakat Sunda ini juga tidak hanya di wilayah Jawa Barat tapi dari Aceh hingga Papua, dan menyatakan ingin satu frekuensi melalui sebuah forum. Ini tentunya momentum kebangkitan dari masyarakat Sunda di Indonesia yang tidak hanya dari Jawa Barat, tapi di seluruh Nusantara, ujar Nuri Ispanji selaku ketua panitia pembentukan Forum Masyarakat Sunda kepada media ini.

Dikatakan Nuri Ispanji selain mengusung Ridwan Kamil sebagai Capres di Pemilu 2024. Forum ini juga dibentuk untuk menghimpun komunitas masyarakat Sunda yang berada di Nusantara.

“Ada 21 provinsi yang tergabung dalam forum tersebut, ditambah usulan untuk mengusung Kang Emil sebagai capres karena pemilih pemilu di Jabar mencapai 50 juta suara dan bisa menjadi penentu untuk mengusung figur di nasional. Kalau ada survei yang betul-betul independen, saya yakin, Kang Emil bisa menjadi pemenang di 2024,” ujar Nuri. (Irfan Lubis)

Loading