Desa Kiarapandak Gelar Bimtek Budidaya Jambu Kristal Potensi Ekowisata Baru

Sukajaya Bogor – Kepala Desa Tedi Sofyan mengadakan Bimbingan teknis budidaya jambu kristal bersama narasumber (IPB) yang digalakkan di Desa Kiarapandak pada Kamis (18/082022)

Bimbingan teknis (BIMTEK) budidaya tanaman jambu kristal, yang di adakan di aula kantor desa Kiarapandak Kecamatan Sukajaya kabupaten Bogor ini diikuti oleh 30 peserta dari kelompok tani dan masyarakat diluar kelompok tani.

Kepala Desa Kiarapandak Tedi Sofyan mengatakan,bahwa desa mengganggarkan untuk ketahanan pangan 20 persen untuk dua kegiatan, yaitu domba dan jamu kristal. 4000 pohon jamu kristal dan dibagi menjadi dua bagian, yang 2500 pohon untuk masyarakat masing-masing dan bisa ditanam di depan rumah minimal satu rumah satu pohon, Kamis (18/8/2022).

“Sebagian Pohon jambu kristal di kelola oleh Desa sekitar 1500 pohon, dikarenakan desa memiliki tanah desa yang cukup, jadi kegiatan bimbingan teknis budidaya tanaman jambu kristal ini kami datangkan institut pertanian Bogor (IPB) untuk memberi arahan tata cara pemilihan bibit dan merawat tanaman jambu kristal yang baik dan benar,” pungkasnya.

Tedi Sofyan berharap agar Bimbingan teknis budidaya tanaman jambu kristal ini kedepannya agar bisa jadi potensi ekowisata baru dan agar jugadapat dijadikan ladang penghasilan baru bagi masyarakat kelompok tani maupun warga masyarakat. (Rival)

 95 total views,  1 views today