Jajaran Danrem 061/Sk Bersama Masyarakat Laksanakan Panen Jagung dan Resmikan 100 Titik TNI AD Manunggal Air

Kab Sukabumi | Lensaexpose.com

Danrem 061/Sk Brigjen TNI Rudy Saladin MA bersama Kasdam lll/Slw, Kapolda Jabar, Para Pejabat Mabesad dan Dandim 0622/Kab Sukabumi serta Petinggi dari jajaran Pejabat Kostrad menyambut kedatangan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurrachman S.E, MM yang melaksanakan kunjungan kerja ke Wilayah Kodim 0622/Kab. Sukabumi Korem 061/Sk.

Dimana kunjungannya tersebut yaitu dalam rangka melaksanakan Panen Jagung bersama masyarakat setempat dan juga meresmikan 100 titik TNI AD manunggal air yang dilaksanakan tepatnya di Desa Mekar Jaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi, Jum’at (12/8).

Dengan menggunakan Helikopter Jenderal Dudung Abdurrahman tiba di Kampung Cibinong sekira Pukul 08.25 WIB Dan disambut oleh Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak m.sc selaku penanggung jawab kegiatan tersebut.

Prosesi Tarian Lengser dan juga pengalungan bunga merupakan salah satu Upacara Tradisi sebagai ucapan selamat datang yang juga dilakukan dalam menyambut kehadiran Kasad. Keterangan tersebut disampaikan oleh Danrem 061/Sk kepada Awak Media.

Dan menurutnya lagi, usai melaksanakan Prosesi Adat selamat datang, Kasad beserta rombongan kemudian melakukan peninjauan lokasi Pembangunan Pompa Hidram.

Pada kesempatan tersebut Kasad beserta rombongan menerima paparan Project Air bersih TNI AD di 640 titik, yang kemudian dilanjutkan dengan peresmian secara Simbolis Program TNI AD manunggal Air dengan memutar Keran Air.

Bapak Kasad beserta rombongan juga melaksanakan Panen Raya Jagung bersama warga masyarakat setempat. Di mana Panen Raya Jagung tersebut merupakan Program ketahanan Pangan Kostrad. Luas ladang jagung yang tersedia yaitu sekitar 10 hektar.

Dengan adanya kegiatan tersebut Bupati Sukabumi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kasar dan para Pejabat Tinggi TNI yang telah menghadiri Panen Raya Jagung serta meresmikan 100. TNI AD Manunggal Air di Kecamatan Ciomas Kabupaten Sukabumi.

Iya mengapresiasi kepada Kasad atas Inovasi Program penanaman jagung yang dipimpin langsung oleh Pangkostrad.

Menurutnya lagi bahwa panen ini merupakan buah dari jerih payah yang telah dilakukan, semoga Program ini dapat dijadikan momentum untuk memicu semangat baru para Petani dan Masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk lebih sukses lagi serta dapat memberi manfaat bagi lingkungan sekitar.

Dan tentunya menurut Bupati bahwa Pemda akan mendukung penuh Program ketahanan Pangan dalam meningkatkan Swasembada Pangan di Kabupaten Sukabumi.

Pada kesempatan yang sama kasad dalam sambutannya menyampaikan bahwa berbagai krisis yang terjadi saat ini baik Covid-19 maupun Peperangan Negara lain tentunya berdampak pada Krisis Pangan di Tanah Air, salah satunya yaitu terganggunya Suplai Bahan Pangan.

Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan kerjasama kepada semua Stakeholder agar bersama-sama Bergotong-royong serta Berinovasi guna menghindarkan Krisis Pangan di Tanah Air.

Dan saat ini menurutnya lagi, bahwa TNI Angkatan Darat telah siap menghadapi Ancaman-ancaman Krisis ketahanan pangan. Oleh karena itu maka TNI AD harus selalu hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat serta menjadi Solusi untuk mengatasinya. Dengan adanya Program pengadaan sumber Air semoga dapat lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat yang memang kesulitan mendapatkan Air bersih.

“Ini merupakan satu Program dalam wujud nyata untuk meningkatkan Ketahanan Pangan dengan membuka lahan seluas-luasnya dan juga membuat sumur bor untuk kepentingan Warga Masyarakat. Dan sampai hari ini sudah ada 1100 Hektar lahan yang bekerja sama dengan PTPN. Jika sebelumnya lahan ini biasanya digunakan sebagai tempat latihan oleh Kostrad namun saat ini kita manfaatkan.” Pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut Kasad juga melakukan dialog dengan masyarakat Kampung Cibinong Desa Mekar Jaya Kecamatan Ciomas dan juga melakukan Video Conference bersama 8 titik sumber Air yang tersebar di Indonesia diantaranya Kalimantan , Sulawesi , Sumut Madura , Karanganyar ,Tasik Papua dan Papua barat. Tidak lupa Kasad juga menyerahkan bantuan berupa Solar Cell serta Sanitasi kepada 4 orang perwakilan Kelompok Tani. (Js)

 

Sumber: Penrem 061/Sk

 107 total views,  2 views today