Forsakada Usung Zikril Sebagai Ketua

Belitung Timur, Lensa Expose.com

Manggar, Kabupaten Belitung Timur menjadi tuan rumah Forum Staf Ahli Kepala Daerah (Forsakada) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022. Bupati Beltim Burhanudin membuka pelaksanaan Forsakada di Rumah Dinas A1 Bukit Samak Desa Lalang Kecamatan Manggar, Kamis (4/8/22).

Sebanyak 19 staf ahli dari Kabupaten/Kota di Provinsi Babel hadir untuk melakukan pemilihan Ketua serta Pengurus Daerah dalam Rapat Pengurus Daerah (Rapengda). Dalam Rapengda yang berlangsung selama satu hari ini juga dihimpun aspirasi anggota untuk diperjuangkan oleh Pengurus Pusat Forsakada dalam Musyawarah Nasional.

Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Sunardi mengatakan pertemuan ini merupakan pertemuan ke dua yang digelar Forsakada Provinsi Babel, sejak yang pertama pada 2019 lalu di Pangkal Pinang.

Kebetulan Ketua yang lama, sudah pensiun dan setiap tiga tahun sekali kita mengadakan penyegaran pengurus. Jadi hari ini, agenda pertama kita adalah memilih Ketua yang baru dan juga menyusun kepengurusan,” ungkap Sunardi.

Lebih lanjut Sunardi mengatakan dalam Rapengda juga dibahas isu-isu seputar Tupoksi staf ahli serta peraturan terkait yang nantinya akan ditindaklanjuti baik bawa ke Munas maupun dieksekusi daerah masing-masing.

Dalam Rapengda dijabarkan hasil Munas, Rakornas dan Rakernas untuk dapat dilaksanakan di daerah masing-masing. Juga menghimpun aspirasi anggota untuk dapat diperjuangkan dalam Munas,” kata Sunardi.

Sementara itu Bupati Beltim Burhanudin yang juga pernah menjabat sebagai Staf Ahli Bupati semasa masih aktif menjadi PNS, menegaskan bahwa di masa kepemimpinan Burhanudin-Khairil saat ini, jabatan Staf Ahli Bupati merupakan salah satu jabatan yang penting dalam menentukan kebijakan-kebijakan Kepala Daerah untuk kepentingan masyarakat Beltim.

Saya tidak pernah membuat kawan-kawan ASN itu merasa dikucilkan begitu menjadi Staf Ahli Bupati, Ibu Ida, Ibu Erna dan Bapak Zikril (Staf Ahli Bupati Beltim-red) ini adalah orang-orang hebat, sehingga menentukan mereka menjadi Staf Ahli bukanlah membuang mereka, tidak ada kata membuang,” tegasnya.

Aan sapaan akrab Burhanudin menilai peran Staf Ahli Bupati sangat penting, selain mendukung kinerja Kepala Daerah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan memberikan pelayanan publik yang baik, juga bisa melakukan saran dan masukan terhadap penyelenggaraan pemerintah yang dinilai kurang baik.

Kalau memang kinerja OPD itu dianggap oleh Staf Ahli tidak berkompeten dan menghambat kinerja daerah, maka peran Staf Ahli ini sangat besar, karena mereka itu bertanggung jawab kepada saya sebagai kepala daerah,” ujar Aan.

Dalam Rapengda Forsakada di Kabupaten Beltim 2022 terpilih Zikril Staf Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan Pemkab Beltim sebagai Ketua. Zikril terpilih secara aklamasi oleh seluruh anggota yang hadir. (Tomy)

 149 total views,  1 views today