Terima Banprov, Pemdes Cimanggu Dua Rehab 20 Unit Rutilahu

CIBUNGBULANG – Pemerintah Desa Cimanggu Dua, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, saat ini tengah melaksanakan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) bantuan dari Provinsi (Banprov) Jabar tahun anggaran 2022.

Informasi yang dihimpun, pembangunan Rutilahu tersebut di danai dari Bantuan Provinsi (Banprov) sebesar 400 juta rupiah tahun anggaran 2022 untuk pengalokasian 20 (Dua puluh) unit Rutilahu yang tersebar di wilayah desa cimanggu dua.

“Alhamdulillah pembangunan Rutilahu yang sedang berjalan saat ini baru 8 unit sudah mencapai 30 persen, 40 persen dan ada juga yang sudah mencapai 50 persen, dari 20 unit yang tersebar di wilayah RW 01-08. Tapi hari ini insya Allah pengerjaanya semuanya serentak,” ujar Ade Aka Sanusi Ketua LPM Desa Cimanggu Dua kepada wartawan, Selasa (2/08/2022).

Adapun teknis pelaksanaan dilapangan, kata Ade, pihaknya melibatkan tim monitoring desa cimanggu dua, Kaur Ekbang dan swadaya masyarakat yang menerima bantuan tersebut.

“Kita dilapangan melibatkan tim monitoring, kaur pembangunan dan swadaya masyarakat yang menerima bantuan. Dan pelaksaan saat ini baru berjalan selama 7 (tujuh) hari. Cuma kita kendalanya hanya di bagian tukang aja, karena kan harus dibagi-bagi. Tapi mudah-mudahan saya harapkan semuanya kondusif dan berjalan dengan lancar,” ucap Ade.

Sementara Kaur Pembangunan Desa Cimanggu Dua, Muhammad menjelaskan bahwa dari bantuan banprov tahun anggaran 2022, desa cimanggu dua menerima 400 juta rupiah untuk 20 unit Rutilahu. Sedangkan penerima manfaat masing-masing mendapatkan nominal uang total sebesar 20 juta rupiah dengan berupa barang bahan material.

“Namun dari 20 juta tersebut, ada pemotongan sebesar 2.500.000,- ribu tupaih. 2 juta untuk bayar upah (tukang) dan 500 ribu rupiah untuk operasional. Jadi warga penerima manfaat hanya menerima 17.500.000,- ribu rupiah sesuai dengan RAB yang dibuat,” jelasnya.

Disampaikan Muhammad, dari 20 unit bantuan rehab Rutilahu yang diterima desa cimanggu dua, itu pengajuan dari tahun 2018 lalu, dan tahun 2022 ini baru terealisasi.

“Alhamdulillah pertama awal surpei Rutilahu, pembuatan RAB hingga terealisai saya mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Jabar (Ridwan Kamil) yang sudah mengucurkan bantuan tersebut untuk warga jabar khususnya untuk warga desa cimanggu dua, dan wargapun sangat antusias. Insya allah saya targetkan 20 hari kedepan mudah-mudahan semuanya sudah rampung,” tukasnya.

Dengan adanya bantuan tersebut warga juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang sudah mengucurkan dana bantuan untuk rehab rumah tidak layak huni.

“Saya sangat berterimakasih kepada pemerintah pusat dan semua pihak di kepemerintahan desa setempat yang sudah membantu warganya sehingga saya bisa rehab rumah, yang tadinya kurang layak sekarang jadi layak huni,” ungkap Sumardi salah satu penerima manfaat. (Rdy)

 260 total views,  2 views today