Kamis, Mei 30, 2024
DaerahPemerintahanSosial & Budaya

Gelaran Seni Budaya Meriahkan Hari Jadi Desa Dunguswiru ke-45

GARUT,Lensaexpose.com – Pemerintah Desa Dunguswiru, Kecamatan Balubur Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, kembali menyelenggarakan peringatan hari jadi desa (Milangkala Desa Dunguswiru ke 45) dengan tema “Bangkit dari Pandemi Covid-19 menuju Desa Dunguswiru Rahardika manjing Raharja”.

Milangkala Desa Dunguswiru diisi dengan berbagai kegiatan, mulai dari lomba sampai Gelar seni budaya Desa Dunguswiru. Selain melibatkan warga desa setempat, pemerintah desa juga mengundang desa lain untuk ikut berpartisipasi dan tetkibat langsung dalam acara milangkala tersebut.

Acara dimulai tanggal 1 Juli 2022 yang dibuka dengan pentas seni khas Desa Dunguswiru “Sinjangan” dan memukul gong oleh Kepala desa Dadang Kusnadi.

Acara pembukaan dihadiri oleh Camat Balubur Limbangan, Camat Selaawi, Kapolsek Limbangan, Danramil Limbangan, Para kepala UPT,20 kepala desa dan Tamu undangan lainnya. Puncak acara tersebut digelar pada tanggal 7 Juli 2022.

Kepala Desa Dunguswiru (Dadang Kusnadi), mengatakan, Milangkala Desa Dunguswiruini merupakan peringatan hari jadi Desa Dunguswiru yang berdiri pada hari Kamis,7 Juli 1977.

“Pemekaran dari Desa Galihpakuwon, milangkala ini salah satu cara pemerintah desa dan masyarakat dalam mengingat sejarah agar rasa cinta terhadap desa terpupuk dan semangat untuk membangun desa terus berkobar,” ujar Dadang Kusnadi.

Menurut Dadang, Milangkala menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, sarana untuk mempromosikan potensi desa, sarana untuk berkarya dan sarana hiburan bagi masyarakat.

“Selain itu milangkala kali ini memiliki tujuan dan harapan terjalinya harmonisasi antara pemerintah desa,lembaga desa dengan masyarakatnya sehingga ada kebersamaan dalam membangun dan memajukan desa”, jelasnya.

Dadang Kusnadi menambahkan, ada berbagai macam kegiatan di acara milangkala desa dunguswiru yang di tampilkan, seperti Open Ceremony, Lomba Makan, Festival Band, Lomba Qasidah, Lomba Wawasan Kedesaan, Lomba Karoke, Jalan Sehat, Bazar UMKM, Gelar Seni Budaya (Gadibu), Malam Renungan dan diakhiri dengan penganugrahan bintang jasa dan doa bersama,” tambahnya. (Rais)

Loading