Rabu, Juli 24, 2024
DaerahPemerintahan

Pemkab Beltim Tiadakan Buka Puasa Bersama

Beltim | Lensaexpose.om

Pemerintah Kabupaten Belitung Timur resmi memulai kegiatan Safari Ramadan 1443 Hijriah. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pembukaan Safari Ramadan tahun 2022 ini tidak melaksanakan Buka Puasa Bersama.

Bupati Beltim Burhanudin membuka Safari Ramadan di Auditorium Zahari MZ, Selasa (5/4/22). Hadir dalam kesempatan ini Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar, Forkopimda Kabupaten Beltim, Pimpinan instansi vertikal, Kepala OPD, perusahaan, perbankan hingga tokoh agama.

Pembukaan Safari Ramadan yang biasa dimulai pukul 16.30 dimajukan menjadi 15.30. Meski meniadakan Buka Puasa Bersama (bukber), Sholat Magrib, Isya dan Tarawih Bersama namun kegaitan Safari Ramadan tetap diisi dengan Tausiah.

“Kita meniadakan bukber ini sesuai dengan arahan dari Bupati, berdasarkan Surat Himbauan dari Presiden melalui Menteri Sekretariat Negara dan Menteri Agama. Jadi untuk pembukaan dan penutupan tidak ada buka puasa bersama,” ungkap Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Bani Machtum.

Dalam himbauan tersebut, Bani menyatakan Pejabat Publik dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang untuk menyelenggarakan bukber. Ditambah saat Idulfitri mendatang, pejabat serta ASN Pemkab Beltim juga tidak diperbolehkan menggelar open house.

“Menyikapi Surat itu kita mengambil kebijakan buka puasa di rumah masing-masing. Namun Safari Ramadan jalan terus karena itu isinya tausiah dan memperkuat silaturahmi,” kata Bani.

Terkait rencana Safari ke 7 kecamatan seperti tahun-tahun sebelumnya, Bani menekankan jika tetap berjalan seperti biasa. Kalau pun dari masyarakat atau pun desa yang ingin menjamu buka puasa dan makan malam tamu dari Kabupaten saat silaturahmi ke mesjidnya hal itu lumrah dan diperbolehkan.

“Yang dilarang kan Pejabat dan ASN, kita tetap menghormati. Kalau masyarakat diperbolehkan (bukber), namun tetap dengan mengedepankan Protokol Kesehatan tentunya,” ujar Bani. (Tomy)

Loading