Kamis, April 18, 2024
DaerahPemerintahanSosial & Budaya

Punya Loyalitas Tinggi, Ini Sosok Ketua KUD TPI Mina Langgen Jaya yang Patut Dijadikan Contoh

Subang,Lensaexpose.com – Karakter ketua tak bisa luput dari keberhasilannya dalam membimbing anggotanya. Untuk itu, ia perlu memiliki keterampilan dalam membangun kerja sama di dalam koperasinya. Ia harus bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam anggotanya, keharmonisan, dan membuat anggota memiliki visi dan misi yang selaras. Seorang pemimpin akan mengutamakan kerja sama di dalam kelompok dibandingkan kerja individualnya.

Berhasil dan berkembangnya suatu koprasi merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap koprasi. Agar dapat mencapai tujuannya maka koprasi harus dapat menjalankan strateginya dengan sebaik mungkin. Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah ketua. Karena baik atau buruknya kinerja yang dihasilkan oleh koprasi adalah bagaimana ketua tersebut menjalankan tugasnya.

Untuk menjadi ketua yang baik dan berhasil bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Mereka harus memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang menjadi dasar seorang ketua yang baik. Salah satu ciri-ciri yang harus dipenuhi untuk menjadi pemimpin yang baik adalah loyalitas.

Loyalitas adalah suatu bentuk kesetiaan seseorang terhadap sesuatu. Loyalitas tidak dapat dibeli dengan uang dan untuk mendapatkan loyalitas seseorang bukanlah suatu hal yang mudah. Namun sebaliknya, untuk menghilangkan loyalitas seseorang merupakan hal yang tidak terlalu sulit bahkan dapat dikatakan mudah.

Seorang ketua yang memiliki loyalitas akan lebih mendahulukan kepentingan koprasi daripada kepentingan lainnya yang tidak berhubungan dengan kepemimpinannya.

Tempat pelelangan ikan KUD Mina Langgeng Jaya Desa Langgen sari Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang, yang terletak di pinggir pantai laut utara Pulau Jawa dengan julukan tersebut, tidak heran jika memiliki tempat pelelangan ikan serta tambak ikan yang berlimpah,p merupakan ikan tambak.

Dengan sosok Raim Irawan selaku ketua koperasi Mina Langgen Jaya patut dijadikan contoh sosok pemimpin yang loyalitasnya tinggi.

Loyalitas seorang ketua dibutuhkan oleh setiap Koprasi KUD karena loyalitas dapat menjadi dorongan bagi ketua untuk memiliki wawasan yang luas dan dalam sehingga dapat menjadi sumber informasi yang berguna bagi koperasinya, dapat mendorong ketua untuk memiliki kepribadian yang menarik, tidak mudah tersinggung dan terbuka menerima kritik dari orang lain, mendorong pemimpin untuk selalu setia dan taat dengan janji yang diucapkannya, supaya ketua memiliki emosi yang stabil dan terkendali, dan agar ketua selalu mendahulukan kepentingan koperasinya dibandingkan dengan kepentingan pribadinya.(Nali.s)

Loading