Sabtu, Mei 4, 2024
Jawa Tengah

Sambut Bulan Ramadhan, Pemdes Ciangsana Kec. Gunungputri Lestarikan Tradisi Cucurak

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Bulan suci ramadhan yang dinanti seluruh umat muslim di seluruh dunia, suka cita dalam menyambut bulan suci itu tergambar dalam bentuk melestarikan tradisi yang dilakukan masyarakat Jawa Barat yakni melakukan silaturrahmi dengan makan bersama. Begitu pula Kepala desa Ciangsana, kecamatan Gunung Putri, Udin Saputra.SH mengajak seluruh staf desa dan warga setempat makan bersama dengan cara ngaliwet (makan bareng dengan wadah daun pisang) yang merupakan tradisi yang masih terus dipertahankan oleh masyarakat Sunda khususnya di desa Ciangsana hingga saat ini.

Kepala desa mengundang semua Kadus, RT, RW dan TP PKK BPD, LPM, Karang Taruna dan MUI juga DMI untuk bersilaturrahmi makan bersama (Cucurak) bertempat di rumah kepala desa Ciangsana kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/3/2022).

Kepala Desa Udin Saputra.SH mengatakan, “acara ini merupakan salah satu program melestarikan budaya atau tradisi untuk mempererat silaturahmi bersama Aparatur Desa dan seluruh Kadus RT RW TP PKK dan perangkat Desa lainnya dan juga kegembiraan menyambut datangnya bulan suci ramadhan tahun 2022,” ujarnya.

Dikatakan Udin Saputra, silaturahmi melalui Cucurak ini adalah konsolidasi sekaligus menghadapi kegembiraan datangnya bulan puasa. Dalam acara ini juga kami pemerintah Desa Ciangsana memanjatkan berdo’a agar pandemi segera berlalu dan berubah menjadi endemi dan bulan puasa aparatur Desa tetap melaksanakan tugasnya melayani warga dan harus tetap semangat dalam melayani masyarakat,”katanya.

Udin pun berharap kita semua dapat menjalankan ibadah puasa dalam keadaan sehat dan penuh keberkahan dengan semangat agar bisa menambah amal ibadah dibulan suci Ramadhan, kata Udin Saputra.SH (Jerry S)

Loading