Senin, April 29, 2024
Daerah

Penambang Biji Timah Semakin Membandel, Bupati Belitung Angkat Bicara Dan Akan Melakukan Tindakan Tegas

Belitung, Lensaexpose.com

Semakin maraknya aktivitas Tambang Biji Timah di wilayahnya, Orang yang no 1 Di Belitung yang biasa di panggil Pak Sanem angkat bicara dan akan melakukan langkah tegas kepada para penambang.

Sementara itu untuk penegakkan hukum, dkatakan Sanem Pemda Belitung sudah bekerja sama dengan Polres, Kodim, Lanud, Sat Pol PP, dan Kejari.

“Dalam menegakkan RTRW ini, di depannya tetap perangkat kita Sat Pol PP, Kades, Kadus, dan RT,” tuntas Sanem.*

Okelah, untuk kemarin-kemarin masih kita himbau, untuk sekarang ini langsung jalur hukum,” ujarnya

RTRW di wilayah Kecamatan Tanjungpndan, lanjut Sanem, tidak ada penambangan kecuali yang masih berjalan atau aktif seperti tambang kaolin.

“Jenis tambang apapun di wilayah Tanjung pandan tidak ada, apalagi TI suntik-menyuntik sikat!” kata Sanem.

Lebih lanjut menurut Sanem, di dalam RTRW, pihaknya sudah mengatur tidak ada Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR). Kemudian RTRW di Kabupeten Belitung sudah tergambar di mana wilayah pertambangan, di mana wilayah hutan lindung, hutan produksi dan sebagainya.

“Karenanya apabila ada tambang apapun di wilayah yang tidak sesuai dengan zona-zona yang ditetapkan dalam RTRW, akan kita tegakkan, kita sikat,” tegasnya lagi.

Sanem heran, ia menilai barang mustahil tidak tahu adanya aktifitas TI di wilayah pemukiman dan merusak fasilitas umum.

Selanjutnya beliau menambahkan, penegakan ke depan hukum nantinya akan melibatkan semua unsur forkompimda mulai dari TNI/Polri, Satpol PP, dan Kejaksaan, sampai pihak kecamatan dan perangkat desa.

“Tentu akan kami libatkan semua. Tapi untuk pertama tentu akan melakukan imbauan terlebih dulu. Namun jika masih membandel, tentukan akan kami sikat dan tindak,” tegas Sanem. (Len/ Tim)

Loading