Sabtu, Mei 25, 2024
Jawa TengahPemerintahan

Seringkali Kebanjiran, Kali Cijayanti Di Normalisasi

Lensaexpose.com

BABAKANMADANG – Pihak desa Cijayanti bekerja sama dengan perusahaan PT.BBH (Bakti Bangun Harmoni) mengeruk dan memperbaiki kali cijayanti yang membuat permukiman warga kampung Babakan Cicerewed kebanjiran setinggi 1.5meter, sudah mulai diupayakan dikeruk dari tanggal (21/12/2021).

Pemdes cijayanti menjelaskan bahwa penyebab banjir yang terjadi pada tanggal 20 Desember 2021 kemarin.

“Akar masalahnya adalah adanya pembangunan yang belum selesai yaitu jembatan kulpot yang memang dalam arti air dari kali cijayanti dialihkan dulu kali nya, yang biasa lurus jadi kepinggir teman teman mengatasi itu, karena belum selesai akhirnya keburu hujan deras dan keburu airnya meluap akhir kebendung lah kali tersebut kerumah warga dan itu hanya lintasan saja dan tidak lama terjadi banjirnya,” ucap Omay, sekdes Cijayanti (29/12/2021).

Bapak omay menjelaskan Normalisasi air kali tersebut sekarang yang tadinya 500meter jadi skrng 1kilo stengah, membuat lebar kali sungai sekarang menjadi membesar dan dalam.

Untuk tensi akan di TPT dan kali cijayanti akan diperdalem karena sudah pendangkalan yang cukup lama, akhirnya publikasi air tidak menampung dan publikasi naik keatas kepermukiman warga.

“Dulu kedalamannya sekitar 7meter dan sekrang hanya 1meter. Sedangkan sekarang volume air daya tampungnya lebih kecil daripada endapan air,” tuturnya.

Pihak desa mengharapkan masyarakat kampung babakan cicerewed bersabar karena untuk sekarang sedang dalam perbaikin penuh dikali cijayanti agar untuk kedepannya tidak terjadi banjir lagi,” pungkasnya. (M. Ryansyah)

Loading