Jumat, April 26, 2024
TNI/POLRI

Polres Asahan Gelar Ceramah Kamtibmas Bersama Tokoh Agama dan Masyarakat

Asahan, Lensa Expose.com

Polres Asahan melaksanakan ceramah Kamtibmas dalam mewujudkan kemitraan Polri dengan masyarakat untuk mengatasi gangguan Kamtibmas, Kamis 02 Desember 2021 sekira pukul 14.00 wib.

Kegiatan ceramah yang diadakan di Lantai II Aula Wira Satya Polres Asahan Jalan Jendral Ahmad Yani Kisaran Kab. Asahan tetap menerapkan Protokoler Kesehatan dan dihadiri pendamping Ulama Polda Sumut Kasubdit Bin Polmas Polda Sumatera Utara AKBP H. Indra Warman beserta rombongan.

Kapolres Asahan diwakili oleh Waka Polres Asahan Kompol Sri Juliani Siregar SH, para Kabag Polres Asahan, para Kapolsek Sejajaran Polres Asahan, para Bhabinkamtibmas Sejajaran Polres Asahan serta Ulama Polda Sumut, Ustadz Dr. H. Amhar Nasution SH M.A, Buya Assoc. Prof. Dr. H. Amiruddin MS MA, Ustadz H. Zulfikar, LC dan Dr. Mohammad Yusri M. Si.

Acara tersebut juga dihadiri Ketua FKUB Kab. Asahan Ustadz H. Syamsuri Pane, Ketua PP Kab. Asahan Donal Panjaitan, Ketua IPK Kab. Asahan, Ketua PBB Kab. Asahan, Ormas (PP, IPK dan PBB, Ormas Islam, Tokoh Agama Kab. Asahan, Tokoh masyarakat Kab. Asahan, Tokoh Pemuda Kab. Asahan.

Mewakili Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH, Ibu Waka Polres Kompol Sri Juliani Siregar SH menyampaikan ucapan terima kasih kepada rombongan Polda Sumut beserta para ulama Polda Sumut.

“Harapannya agar ceramah yang diberikan nantinya dapat membangun kemitraan Polri dengan masyarakat dalam mengatasi gangguan Kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Asahan,” kata Kompol Sri Juliani Siregar SH.

Pendamping ulama Polda Sumut Kasubdit Bin Polmas Polda Sumatera Utara AKBP H. Indra Warman, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Asahan, para tokoh alim ulama dan masyarakat Kab. Asahan yang telah hadir mengikuti kegiatan ceramah Kamtibmas dari para Ulama Polda Sumut.

“Kegiatan ini untuk menjalin hubungan kemitraan Polri dengan masyarakat semakin baik untuk menjaga situasi Kamtibmas di Wilayah Sumatera Utara tetap baik, aman dan kondusif,” kata AKBP H. Indra Warman.

Acara dilanjutkan dengan Ceramah Kamtibmas dari Ulama Polda Sumut Ustadz Dr. H. Amhar Nasution MA yang mengatakan potensi dan kendala terciptanya situasi Kamtibmas ada 6 (Enam) Poin yang diantaranya Comunity / Mitra Kamtibmas Masyarkat dengan Polisi, Sarana dan Prasana Terbatas, SDM belum maksimal, PRESISI dengan Masyarakat, Polisi harus bisa Prepentif dan Represif, Jumlah Polisi tidak sesuai dengan jumlah Penduduk (Masyarakat).

“Menciptakan Polri yang memiliki akhlak baik hingga dapat memelihara situasi Kamtibmas, adalah Rahmat dan karunia orang yang beriman, Diberikan umur yang panjang dan berkah, Rejeki yang baik serta Memiliki keikhlasan,” kata Ustadz Dr. H. Amhar Nasution MA

Selanjutnya kegiatan ceramah Kamtibmas dilanjutkan dengan pencerahan dari Buya ASSOC. Prof. Dr. H. Amiruddin MS, MA dengan tema “Di air tenang jangan sampai tenggelam, derasnya air jangan sampai terhanyutkan. Dimana Polri lahir sebagai anak kandung NKRI yang ibunya Lahir dibumi pertiwi,”kata Prof. Dr. H. Amiruddin MS, MA.

Menurut Buya ASSOC, pencegahan serta penangkalan dalam gangguan Kamtimbas adalah  Penyampaian tentang Agama, Penyampian terhadap Hukum, Penyampian terhadap Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat untuk mencapai situasi Kamtibmas.

“Hormat terhadap tokoh tokoh yang kharismatik dengan penyampaian yang baik dan benar. Kemudian melawan dan bekerjasama dengan penegak Hukum dengan cara Represif,” pesan Buya ASSOC.

Setelah selesai memberikan ceramah oleh masing-masing narasumber, kemudian ceramah Kamtibmas dilanjutkan dengan tanggapan dan saran dari peserta ceramah Kamtibmas untuk mewujudkan kekondusifan terhadap gangguan Kamtibmas khususnya di wilayah Kabupaten Asahan. (Miko)

Editor : Irfan Lubis

Loading