Gandeng SUPM, Lapas Kelas IIB Kotaagung Adakan Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan

Tanggamus, Lensa Expose.com

Pelatihan Kemandirian ditengah pandemi, Budidaya Ikan Air Tawar dengan Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri (SUPM) Kotaagung.

Lapas Kelas IIB Kotaagung berkerjasama dengan Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri (SUPM) Kotaagung melakukan kegiatan pembukaan pelatihan budidaya ikan air tawar bagi warga binaan pemasyarakatan Lapas Kotaagung , di aula setempat, Senin (09/08).

“Pentingnya Fungsi Kegiatan Kerja Produksi maka lLembaga Pemasyarakatan diharuskan memiliki pelatihan kegiatan kerja dan produksi yang tidak hanya berfungsi sebagai pengisi waktu luang selama menjalani masa pidana saja, namun juga harus berorientasi pada pembangunan SDM dan hasil produk yang berkualitas, berdaya saing serta berkesinambungan,” Ujar Aryo.

Kasi Binadik dan Giatja Aryo Pratama Wijaya Kusuma mengatakan, Kegitan ini bertujuan Membantu Warga Binaan Pemasyarakatan mengembangkan dan mempersiapkan diri untuk kembali ke masyarakat yang mana secara letak geografis Kabupaten Tanggamus sangat mendukung untuk melakukan pembudidayaan ikan air tawar sebagai bentuk bekal Warga Binaan kelak setelah bebas.

Mewakili Kalapas kegiatan dibuka oleh Kasi Binadik dan Giatja Aryo Pratama Wijaya Kusuma,Amd. P,SH,MM, beserta pejabat struktural dan di ikuti Wakil Kepala Sekolah SUPM Kurman,S.Ag,MSi dan Tim Penyuluh pelatihan budaya ikan air tawar sebanyak 7 orang. Acara berjalan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

“Sebagai bentuk nyata Program Kemandirian Kegiatan Kerja Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kotaagung TA 2021, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kotaagung akan menyelenggarakan Pelatihan bidang Budidaya Perikanan yang dilaksanakan selama 5 hari kerja dengan jumlah peserta 20 orang yang semuanya diikuti oleh Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Kotaagung yang telah bersertifikasi,”Kata Yanuar Rahman selaku Kasubsi Kegiatan Kerja.

Sementara Wakil Kepala SUPM N kotaagung Kurman mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada warga binaan Pemasyarakatan guna mengembangkan dan mempersiapkan diri untuk kembali ke masyarakat – Warga Binaan Pemasyarakan (WBP) yang mengikuti pelatihan Budidaya Ikan air Tawar dapat memberikan pengajaran kepada WBP yang belum memiliki pengalaman. Dalam pelatihan budidaya ikan air tawar kali ini lebih mengedepankan ikan nila sebagai prioritas dalam pembudidyaan.  (Masri Sp)

 

Editor : Admin

 158 total views,  1 views today